Portal Berita Ekonomi Rabu, 26 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:58 WIB. Perang Dagang - India menawarkan diri jadi sentra industri pengganti China.
  • 22:02 WIB. China - China Mobile anggarkan US$4 miliar untuk modal pengembangan jaringan 5G.
  • 21:28 WIB. Grab - Grab investasi ke startup Inggris, Splyt.
  • 21:13 WIB. Go-Food - Go-Food Festival masuk MURI jadi pujasera terbesar di Indonesia.
  • 21:07 WIB. Telkom - Telkom gandeng ZTE Corporation bangun jaringan 5G di  Indonesia. 
  • 20:43 WIB. Apple - Apple resmi rilis iOS 13 dan iPadOS Beta.
  • 20:31 WIB. Huawei - Dalam sebulan, penjualan Huawei di luar China turun 40%. 
  • 20:16 WIB. Walmart - Walmart Meksiko mulai terima pesanan via WhatsApp.
  • 20:05 WIB. Xiaomi - Xiaomi siap rilis dua smartphone seri baru Mi CC9.
  • 19:53 WIB. Asus - Kantongi sertifikat TKDN, Asus Zenfone 6 segera masuk Indonesia.
  • 19:29 WIB. Google - Proyek smart city Google di Kanada janji rahasiakan data pribadi.
  • 19:14 WIB. Tesla - AS kabulkan permohonan Tesla untuk keringanan cukai impor aluminium.
  • 19:01 WIB. Xiaomi - Xiaomi setop produksi smartphone Mi Note dan Mi Max.
  • 18:47 WIB. Asus - Asus bawa laptop gaming ROG dan TUF baru ke Indonesia.

Inrate tawarkan solusi penghitungan rating berbasis big data analitik

Jakarta -- Di tengah kencangnya arus digitalisasi media hiburan di Indonesia dan dunia, televisi ternyata masih mempunyai daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat beriklan.
Program-program baru terus bermunculan di stasiun televisi tanah air, mereka berlomba untuk membuat program terbaik demi mengejar rating yang nantinya akan menarik minat para pemilik merek untuk beriklan di program besutan mereka.
Walau belanja iklan televisi masih terhitung tinggi sampai saat ini, sayangnya banyak pengiklan belum diuntungkan dengan sistem monitoring yang ada. Memang mereka akan mendapat laporan bukti tayang dalam bentuk rekaman, tapi sayangya hal tersebut tidak memberikan insight yang memadai tentang iklan mereka, misal apakah konsumen yang menonton iklan mereka sudah sesuai dengan target?
Inrate menyadari hal tersebut dan hadir untuk mengisi celah informasi yang terjadi selama ini antara pengiklan, agency, dan stasiun televisi. Dengan memanfaatkan teknologi big data yang mutakhir dan didukung jaringan luas PT. Telkom Indonesia, Inrate menjanjikan data analitik yang lebih presisi dan targeted.
Selain itu Inrate juga menyajikan rekaman video bukti tayang sebagai bukti bahwa iklan sudah ditayangkan pada acara program yang telah diperjanjikan sebelumnya kepada agency ataupun brand owner.
Inrate merupakan sistem rating televisi yang memfasilitasi stasiun televisi, agency, dan pengiklan untuk mendapatkan raw data yang nantinya bisa dipergunakan untuk rujukan dalam menentukan strategi beriklan terbaik.
Dengan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia. Inrate melakukan perhitungan rating berdasarkan pelanggan UseeTV dengan profiling Helix Persona yang didapatkan dari lembaga penelitian Roy Morgan dan smart profile yang dihasilkan dari kapabilitas big data PT. Metranet.
Sedangkan untuk pengolahan dan penyajian datanya, pendekatan berupa tampilan dashboard pada web aplikasi ramah pengguna dengan data yang diperbaharui secara real time bisa diakses lewat inrate.id. Pengguna yang sudah menjadi pelanggan akan disediakan antarmuka sendiri dengan akun dan kata kunci untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan. 
Di dalam aplikasi web yang disediakan, pengguna nantinya akan mendapat informasi tentang tentang iklan yang tayang di 15 saluran Free To Air Nasional secara lengkap dan mendetail. Informasi tentang Rating, share dan Jumlah Audience Channel TV dan Program Acara TV secara harian, mingguan maupun bulanan berdasarkan jumlah general audience atau sesuai profile audience tertentu juga akan disediakan.
Membandingkan TV Rating, sharing dan Jumlah audience saluran televisi berdasarkan slot time dan juga berdasarkan profile tertentu yang dipilih juga menjadi salah satu menunya. Inrate juga dapat menganalisa profile penonton di slot waktu tertentu berdasarkan profile yang dipilih dan kecenderungan untuk menonton di Channel TV yang mana.
Semua data ini disajikan dengan tertata dan mudah dimengerti, sebuah fasilitas yang memungkinkan para penguna untuk bisa menganalisa perilaku pemirsa, dan kelak datanya akan digunakan sebagai insight dalam perencanaan untuk mengambil langkah terbaik beriklan di televisi.

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,788.76 3,750.60
British Pound GBP 1.00 18,120.74 17,938.24
China Yuan CNY 1.00 2,071.89 2,051.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,209.00 14,067.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,897.99 9,796.26
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,820.08 1,801.82
Dolar Singapura SGD 1.00 10,505.73 10,399.20
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,209.63 16,042.01
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,430.47 3,393.73
Yen Jepang JPY 100.00 13,264.56 13,128.32

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6320.445 31.980 636
2 Agriculture 1462.734 12.139 21
3 Mining 1729.467 84.267 46
4 Basic Industry and Chemicals 773.084 8.727 71
5 Miscellanous Industry 1274.058 -1.017 47
6 Consumer Goods 2405.119 3.777 52
7 Cons., Property & Real Estate 486.531 -1.769 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1191.003 6.146 74
9 Finance 1291.358 1.492 90
10 Trade & Service 802.181 3.053 159
No Code Prev Close Change %
1 INDY 1,335 1,675 340 25.47
2 POSA 360 450 90 25.00
3 SMBR 875 1,090 215 24.57
4 ALKA 360 438 78 21.67
5 KONI 376 448 72 19.15
6 INPP 760 880 120 15.79
7 KIOS 635 735 100 15.75
8 KICI 268 310 42 15.67
9 GOLD 438 500 62 14.16
10 HRUM 1,395 1,590 195 13.98
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 468 352 -116 -24.79
2 HDFA 168 136 -32 -19.05
3 BRAM 10,000 8,100 -1,900 -19.00
4 YULE 181 161 -20 -11.05
5 ARTA 460 410 -50 -10.87
6 PGLI 476 430 -46 -9.66
7 PYFA 188 170 -18 -9.57
8 NICK 270 246 -24 -8.89
9 WIIM 252 230 -22 -8.73
10 MAYA 7,000 6,425 -575 -8.21
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,615 1,835 220 13.62
2 INDY 1,335 1,675 340 25.47
3 ANTM 795 845 50 6.29
4 PTBA 2,880 3,060 180 6.25
5 MNCN 1,000 985 -15 -1.50
6 SMBR 875 1,090 215 24.57
7 BBRI 4,310 4,330 20 0.46
8 TAMU 500 520 20 4.00
9 JPFA 1,495 1,520 25 1.67
10 ADRO 1,245 1,330 85 6.83