Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Ekspor UMKM, BRI Helat Malam Penganugerahan BRIncubator 2018

Dukung Ekspor UMKM, BRI Helat Malam Penganugerahan BRIncubator 2018 Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Rakyat Indonesia (BRI) helat "Malam Penganugerahan BRIncubator 2018" pada Selasa (11/12/2018) di Jakarta. Acara tersebut merupakan puncak dari rangkaiam kegiatan BRIncubator 2018 yang telah dilaksanakan selama 4 bulan terakhir.

Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI, Priyastomo, mengutarakan, BRIncubator bertujuan membawa produk dari UMKM ke dunia internasional. Caranya, dengan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM agar dapat melaksanakan Go-Global.

"BRIncubator, program yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor serta bertujuan untuk memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh wilayah Indonesia," papar Priyastomo.

Melalui program BRIncubator, para finalis dan UMKM yang telah siap memasuki pasar ekspor. Bahkan, beberapa finalis telah melakukan ekspor di beberapa negara.

"Pengembangan usaha butuh modal. Kami berusaha memberikan pelatihan dan pendidikan, serta modal sehingga para UMKM ini bisa bersaing bukan hanya di negeri sendiri, melainkan di dunia juga. Beberapa finalis telah melakukan ekspor ke beberapa negara di Asia dan Eropa," ujar Priyastomo.

Para pemenang BRIncubator, yakni: UMKM Uni Ade dari Padang (Juara 1), UMKM Restu Ibu Food dari Malang (Juara 2), dan UMKM Eank Solo dari Solo (Juara 3). Pemenang dinilai berdasarkan kriteria proses belajar selama loka karya, masalah dan solusi, profil UMKM, model bisnis, dan rencana pengembangan. Rincian hadiah masing-masing pemenang, juara 1 (Rp 60 juta), juara 2 (Rp40 juta), dan juara 3 (Rp20 juta).

"Kami ucapkan selamat kepads para pemenang. Harapannya, agar mereka lebih berprestasi dan menginspirasi para UMKM lainnya," kata Priyastomo.

Acara malam penganugerahan itu diawali dengan presentasi dari 25 UMKM finalis di siang hari. Dewan Juri yang menilai mereka, yakni: CTO dan COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison, Chief Learning Officer Bank BRI Retno Wahyuni Wijayanti, dan Founder & CEO dailysocial.id Rama Maumaya.

Selain para pemenang, finalis BRIncubator juga memperoleh hadiah masing-masing Rp5 juta. Ada pula apresiasi kepada Rumah Kreatif BUMN (RKB) pendukung Program BRIncubator terbaik, yakni RKB Bank BRI Bandung dan Solo. Keduanya mendapatkan uang tunai masing-masing Rp5 juta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: