Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Mandiri Pasarkan Uang Elektronik Lewat Marketplace

Bank Mandiri Pasarkan Uang Elektronik Lewat Marketplace Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Mandiri memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produknya. Melalui kerja sama dengan Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, Bank Mandiri menghadirkan Official Mandiri e-store yang menawarkan merchandise produk perseroan, yakni e-money (uang elektronik) dalam berbagai pilihan edisi.

Peresmian kerja sama tersebut dilakukan oleh SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri Jasmin bersama Handhika Jahja selaku Director Shopee Indonesia di kantor Shopee, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menurut Jasmin, inisiatif kerja sama dengan pelaku daring ini didasarkan pada tren belanja masyarakat saat ini yang sebagian besar dilakukan secara online. Buktinya, transaksi platform digital pelaku daring melalui Bank Mandiri pada tahun lalu mengalami peningkatan volume transaksi menjadi Rp24 triliun atau naik 400% dibandingkan 2017.

"Dengan perkembangan pesat Shopee sebagai salah satu daring yang paling banyak dikunjungi, kami percaya kerja sama ini dapat semakin mempermudah masyarakat yang ingin memiliki Mandiri e-money atau bahkan mengoleksi berbagai edisi e-money yang telah diterbitkan," kata Jasmin.

Meskipun diperoleh secara online, Jasmin mengatakan, pihaknya akan menjamin keaslian dan kepastian produk e-money yang dijual, sehingga dapat langsung dipergunakan untuk berbagai transaksi harian, seperti pembayaran tarif tol, TransJakarta, tarif parkir sampai minimart.

Sebagai pelaku sektor keuangan nasional, dia mengatakan, pihaknya juga berharap selain menjadi official store pertama milik bank di marketplace, Mandiri e-store di platform digital ini juga dapat semakin memperkuat penetrasi uang elektronik di masyarakat, sehingga ikut mengakselerasi gerakan nasional non-tunai yang sedang digalakkan pemerintah dan Bank Indonesia.

Sementara itu Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja menjelaskan, Shopee sebagai perusahaan e-commerce terdepan senantiasa berkomitmen untuk mendengarkan masukan dari pengguna dalam berinovasi, termasuk bekerja sama dengan mitra-mitra ternama dalam menambah ragam pilihan produk sesuai dengan kebutuhan.

"Shopee sangat senang menjadi mitra yang dipercaya oleh Bank Mandiri untuk memperluas jangkauan dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk memiliki akses secara langsung dan mudah ke produk-produk e-money Bank Mandiri," katanya.

Hingga akhir Desember 2018, perseroan telah menerbitkan sebanyak 16,4 juta kartu dengan akseptasi Mandiri e-money di lebih dari 45 ribu merchant dan 60 ribu lokasi top up. Saat ini, kartu Mandiri e-money telah terbit dalam berbagai edisi unik dengan desain yang bervariasi, seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, Disney Tsum Tsum, dan lain-lain.

Dari jumlah tersebut, frekuensi transaksi Mandiri e-money pada Januari-Desember 2018 telah mencapai 1,1 miliar dengan nominal transaksi Rp13,4 triliun. Frekuensi transaksi terbesar terjadi di sektor transportasi yang mencapai 94%, terutama jalan tol, seperti ruas Tol Trans Jawa, Tol Bali Mandara, ruas Tol Medan-Kualanamu, serta ruas Tol Ujungpandang seksi 1 dan 2.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: