Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gaet Kudo, BNI Perluas Layanan Keuangan Digital

Gaet Kudo, BNI Perluas Layanan Keuangan Digital Kredit Foto: Bank BNI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Kudo Teknologi Indonesia (Kudo) bekerja sama dalam memberikan solusi layanan keuangan digital kepada masyarakat luas, khususnya di daerah rural. Melalui kerja sama tersebut, BNI memungkinkan Agen Kudo untuk memberikan layanan keuangan yang lebih lengkap.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemimpin Divisi E-Banking BNI, Anang Fauzie dengan CEO & Co-Founder Kudo, Agung Nugroho di Jakarta, Kamis (2/5/2019). Turut hadir untuk menyaksikan penandatanganan tersebut Direktur Retail Banking BNI Tambok P Setyawati.

Tambok P Setyawati menuturkan, dalam memperluas jaringan layanan perbankan kepada masyarakat yang belum memiliki akses, BNI telah menghadirkan Agen46 yang melayani untuk transfer uang, pembukaan rekening, setoran dan tarik tunai, pembelian pulsa dan token listrik, pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, PDAM, dan lain sebagainya. Layanan-layanan serupa juga telah dimiliki oleh agen Kudo.

Baca Juga: BNI Kembangkan Digital Bisnis Baru

"Melalui kerjasama tersebut, agen Kudo yang sudah tersebar luas di Indonesia akan mampu memberikan layanan transfer uang antar bank. Selain fitur transfer, nantinya agen Kudo yang juga menjadi Agen46 secara bertahap dapat melayani masyarakat untuk pembukaan rekening tabungan, setor tunai atau menabung, tarik tunai, kredit usaha rakyat (KUR), pembelian asuransi mikro, dan juga penyaluran bantuan sosial program pemerintah," ujar Tambok di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Tambok menambahkan bahwa masyarakat dapat membawa uang tunai ke agen Kudo dan melakukan proses transfer yang difasilitasi oleh BNI.

"Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa BNI terus berupaya memperluas kolaborasi dengan financial technology (fintech) dalam memperluas layanan keuangan digital sehingga semakin menegaskan bahwa BNI merupakan digital banking," paparnya.

Agung Nugroho menyampaikan, Kudo berkomitmen untuk memajukan warung tradisional di Indonesia agar menjadi serba bisa melayani berbagai produk dan layanan bagi pelanggannya.

Baca Juga: Di Era Digital, BNI Sekuritas Jagokan BIONS

Mulai dari bisa berjualan apa saja termasuk pulsa, token listrik, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa stok barang untuk warung lewat aplikasi, bisa menawarkan berbagai layanan keuangan digital, hingga bisa membantu tetangga menjadi pengemudi Grab untuk menambah penghasilan.

“Dengan menghadirkan fitur transfer antar bank melalui jaringan agen Kudo, BNI dan Kudo bersinergi untuk meningkatkan keuangan inklusif dan menjembatani layanan keuangan ke masyarakat dengan keterbatasan akses digital dan perbankan. Kami yakin kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi para pemilik warung yang adalah agen Kudo dan para pelanggannya untuk transfer tanpa perlu datang ke bank. Hal ini juga turut menunjukkan komitmen Kudo untuk membantu warung tradisional menjadi serba bisa serta meningkatkan penghasilan mereka dengan menawarkan layanan keuangan digital,” ujar Agung.

Melalui kerjasama BNI dan Kudo, saat ini agen Kudo akan semakin memudahkan masyarakat kota lapis kedua untuk melakukan transaksi perbankan. Fitur-fitur Agen46 yang ditanamkan di agen Kudo akan memperkaya layanan yang telah tersedia di aplikasi Kudo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: