Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Era Industri 4.0, Jababeka Mau Ubah Wajah Kota Jababeka Jadi Destinasi Wisata

Era Industri 4.0, Jababeka Mau Ubah Wajah Kota Jababeka Jadi Destinasi Wisata Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengembang Kota Jababeka Cikarang, Jababeka Group terus berinovasi dan memperbarui teknologi. Hal itu dilakukan agar perusahaan memiliki daya saing dengan negara lain dan menjadi pilihan utama untuk investasi.

"Kami memiliki target untuk terus membangun kota-kota baru. Dalam proses pembangunan kota-kota baru, Jababeka mengundang berbagai pihak yang berminat untuk bekerja sama, seperti di antaranya developer maupun pelaku bisnis lain yang berminat untuk bergabung," kata Direktur Jababeka Group Tjahjadi Rahardja  di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Ia pun meyakni implementasi industri 4.0 akan mendorong peningkatan investasi oleh perusahaan, terutama yang terkait dengan penggunaan teknologi pendukung.

Baca Juga: Pendiri Jababeka Ungkap Peta Jalan Capai Indonesia Sejahtera

"Saat ini sudah era industri 4.0, tapi sampai sekarang masih banyak orang memaknai definisinya masih bingung. Kalau ia sudah tahu, ia bisa lebih fokus menyelesaikan masalahnya," tambahnya.

Jababeka Group, lanjutnya, melalui Industrial Tourism World (ITW) terus berusaha mewujudkan agar Jababeka tidak hanya dikenal sebagai kawasan industri, namun juga sebagai kota pendidikan sekaligus kota wisata.

ITW merupakan salah satu anak perusahaan yang menyediakan jasa untuk membantu dalam mengunjungi pabrik atau lokasi wisata lain di Bekasi.

Chief Operation Officer Jababeka Hospitality, BA Hadisantoso menjelaskan bahwa ITW hadir karena ingin membangun Kota Jababeka sebagai tourism city yang menghadirkan destinasi-destinasi menarik lewat industri yang ada di dalamnya.

"Kami ingin Kota Jababeka bakal seperti Singapura yang tadinya kawasan industri, tapi sekarang terkenal sebagai kota pendidikan sekaligus kota wisata," ucapnya.

ITW, lanjut Hadi, memilik tiga unit program, yaitu edu-tour atau wisata industri, edu-trainment atau membuat pelatihan kepada sekolah atau universitas, dan edutainment atau membuat event-event menarik. ITW saat ini sudah membangun berbagai paket destinasi dan sudah puluhan sekolah maupun universitas yang merasakan keseruannya.

Baca Juga: Kembali Diperdagangkan, Begini Kondisi Saham Jababeka

"Harapannya, keluarga atau sekolah tak perlu jauh-jauh untuk wisata, seperti di Bogor, Puncak, Bandung Jogja, atau Bali. Semuanya ke Cikarang. Ngapain? Wisata industri," tambahnya.

Hadi pun optimis bahwa Kota Jababeka sebagai tourism city bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebab saat ini ITW sedang menjalin kerja sama dengan Orbit Ventura sebagai penyelenggara Habibie Festival dan Indonesia Economic Forum pasca Habibie Festival 2019

"Kami sudah bicara banyak hal dengan Orbit Ventura, yang tentu kerja sama strategis. Semoga dalam waktu dekat bisa terealisasi sehingga Kota Jababeka sebagai tourism city bisa cepat terwujud," pungkas Hadi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: