Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Multipolar-Mitsui Patungan Bangun GTN Data Center

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta - Lippo dan Mitsui baru-baru ini melalui anak perusahaanya PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) bersama Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) dan Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI) baru-baru ini menggelar pre-launch ceremony proyek joint venture-nya, yaitu Graha Teknologi Nusantara Data Center (GTN Data Center)

Kolaborasi strategis Lippo dan Mitsui untuk membangunan dan pengoperasian data center Tier-4 ready yang modern, berkualitas, aman, dan mampu memenuhi kebutuhan kritikal akan layanan data center bagi berbagai perusahaan kelas dunia di Indonesia. Dalam joint venture ini MLPT  menguasai saham sebesar 65%, Mitsui 10% dan MKI 25%.

Hadir dalam prosesi  pre-launch ceremony ini diantaranya, Mochtar Riady, Chairman dari Lippo Group, sebagai tuan rumah bersama dengan Atsushi Kume, Executive Managing Officer &COO of Innovation & Corporate Development, Executive Managing Officer dari Mitsui & Co. Ltd., dan Masaki Saito, President & CEO dari MKI. Menteri Komunikasi dan Informatika Ir. Rudiantara MBA dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki juga turut hadir dan memberikan pidato sambutannya.

"Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan rekan kami Mitsui untuk membangun dan mengoperasikan state of the art data center ini. Yang tak kalah pentingnya bagi saya adalah, Lippo dan Mitsui memiliki kesamaan visi dalam mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan di Indonesia dan menjamin pendistribusian yang efisien, penyediaan produk dan layanan, sumber daya manusia, dan informasi data elektronik di seluruh Indonesia," jelas Mochtar Riady.

Ditempat yang sama Harijono Suwarno, Komisaris PT Multipolar Technology Tbk. mengatakan, joint venture ini sejalan dengan regulasi pemerintah yang mewajibkan penyedia data elektronik untuk menempatkan data center dan pusat pemulihan bencana (DRC) nya di Indonesia yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan layanan data center yang aman dan berkualitas tinggi, di lokasi yang strategis dan mudah diakses.

 “Selain itu, kami juga sudah secara matang memetakan pasar dan kebutuhan yang meningkat dari pelanggan enterprise kami sebagai dasar dalam merancang data center ini dengan memanfaatkan pengalaman berstandar internasional dari Mitsui dan MKI, serta jaringan broadband berkecepatan tinggi sepanjang 12.000 km di Jabodetabek, Surabaya, Bandung dan Bali,” tutur Harijono Suwarno 

GTN Data Center yang dirancang dan dioperasikan bersama-sama dengan Multipolar Technology dan Mitsui ini memiliki lokasi yang strategis di Lippo Cikarang, sekitar 35 km dari Jakarta dan 80 km dari Bandung. Ground breaking dijadwalkan pada akhir 2014, dan ditargetkan akan siap beroperasi di akhir tahun 2015.

 

GTN Data Center akan dilengkapi dengan dua sumber daya listrik terpisah dan penyedia jaringan multi operator, yang mampu menjamin tersedianya kecukupan sumber daya secara kontinyu dan memiliki tingkat layanan yang berstandar internasional dan Jepang.

GTN Data Center juga akan menerapkan konsep green data center yang ramah lingkungan dan hemat energi. Konsep green yang diterapkan antara lain: pendekatan cold aisle containment untuk memastikan sirkulasi udara dingin yang sangat efisien; pemanfaatan penyejuk udara berbahan jenis chilled water-based yang hemat energi; dan alat pemadam api yang bebas gas berbahaya. "Untuk memastikan kualitas data center, kami akan bekerja sama dengan konsultan green data center yang memiliki reputas internasional sehingga nantinya siap saat disertifikasi Green Building Council," ucap Wahyudi Chandra, Presiden Direktur PT Multipolar Technology Tbk.

”MKI akan berbagi pengetahuan, pengalaman dan keahliannya di bidang pengelolaan data center dan layanan cloud, sehingga kedepannya GTN Data Center dapat menjadi penyedia data center yang andal, dengan layanan pengolahan data berkecepatan tinggi dan cloud yang mumpuni,”kata Masaki Saito, President & CEO Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.

 

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: