Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IBM Indonesia Gelar 'IBM Linux Challenge 2016'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mengikuti suksesnya penyelenggaraan kompetisi yang sama di tahun 2015 bertajuk Dev War Day, IBM Indonesia kembali menggelar IBM Linux Challenge 2016 di Balai Agung, Balai Kota Pemprov DKI Jakarta.

Country Manager Hardware IBM Indonesia Al Novam Basukiwijaya mengatakan ajang kompetisi yang terbuka untuk dua kategori peserta, yaitu mahasiswa dan profesional ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan para developer teknologi informasi (TI) untuk membuat aplikasi lokal dengan menggunakan platform berbasis Linux/Open Source.

"Konsep smart city sudah banyak dikembangkan di kota-kota besar di negara lain. Untuk itu, IBM Indonesia sebagai perusahaan teknologi terdepan yang banyak mengembangkan konsep smart city dalam menggelar acara kali ini memilih bekerja sama dengan Jakarta Smart City," katanya di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Melalui kerja sama ini, imbuhnya, diharapkan dapat mendukung terwujudnya Jakarta modern dan inovatif yang mampu mengelola sumber daya kota dengan lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menjalankan pemerintahan yang partisipatif.

"IBM telah mendukung beberapa kota di negara lain seperti Rio De Janeiro, Brazil dan Davao, Filipina dalam mewujudkan smart city. Untuk itu, kami sangat mendukung konsep Jakarta Smart City dan berharap melalui ajang ini dapat tercipta berbagai aplikasi yang kelak dapat digunakan dan bermanfaat bagi masyarakat luas Jakarta," ujarnya.

Ia mengatakan tahun ini merupakan ajang kedua yang digelar karena selain mendukung terwujudnya Jakarta Smart City, pihaknya ingin memicu para developer TI di tanah air untuk berkarya dan ikut memberikan kontribusinya pada bangsa.

"Selain mengembangkan aplikasi berkonsep smart city, kompetisi ini juga memiliki kategori untuk para developer yang ikut berkompetisi dalam mengembangkan aplikasi lokal untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan pada keuangan mikro," terangnya.

Disampaikan, pendaftaran untuk ajang ini dibuka mulai tanggal 12 Mei hingga tanggal 1 Juni 2016 untuk memilih sepuluh peserta terbaik yang akan mendapat pendampingan dalam membangun aplikasi tersebut.

"Selain menjadi bagian dari perkembangan kota Jakarta yang akan menerapkan aplikasi pemenang kompetisi pada Jakarta Smart City, pemenang juga akan menerima hadiah tunai yang didukung oleh PT Avnet Datamation Solution dan PT Global Infotech Solution sebagai mitra IBM Indonesia serta pendampingan dalam memasarkan aplikasinya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Setiaji mengatakan Pemerintah Provinsi DKI berpartisipasi dalam mewujudkan Jakarta menjadi kota pintar dan berupaya untuk memaksimalkan pelayanan bagi seluruh warga dengan membangun infrastruktur teknologi yang memadai seperti intelligence operating center (IOC) IBM.

"Melalui ajang ini, kami berharap untuk menemukan aplikasi yang dapat menjadi bagian solusi kemacetan dan banjir yang merupakan masalah terbesar di kota Jakarta saat ini," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: