Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTPN Dorong Perluasan Akses Keuangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandarlampung - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) mendorong perluasan akses keuangan melalui program Laku Pandai.

"Laku Pandai merupakan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan pada akhir Maret 2015," kata Sales Managemen Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal, pada diskusi bertema Laku Pandai Akses Keuangan untuk Semua, di Bandarlampung, KamisĀ (26/5/2016).

Ia menyebutkan, survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan hanya 36 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di bank.

Laku Pandai, lanjutnya, merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi industri perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Menurut dia, dalam Laku Pandai bank akan menunjukkan agen di berbagai daerah. Agen dapat berbentuk warung maupun penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas ke berbagai daerah terpencil.

Reza menjelaskan dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow!, layanan perbankan bagi "mass market" yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

Ia menjelaskan BTPN Wow! lahir dari proses panjang, diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba "branchlees banking" yang digagas oleh Bank Indonesia pada 2013. Hal tersebut merupakan langkah yang sangat penting karena proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank.

"Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah serta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pioner dalam inisiatif ini," katanya.

Sales Managemen Head BTPN Wow! menjelaskan, fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM. "Kami yakin menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai," jelasnya.

Reza menjelaskan dengan hadirnya BTPN Wow!, kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank serta produk perbankan lainnya seperti transfer, beli pulsa dan bayar tagihan dengan biaya sangat murah.

Teknologi yang digunakan juga disesuaikan dengan target nasabahnya, yakni menggunakan USSD atau Unstructured Supplementary Service Data. Teknologi ini memungkinkan segala jenis telepon seluler berbasis GSM bukan telepon pintar untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimum.

Reza menambahkan, target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan ponsel serta mengisi pulsa. Dengan begitu bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

Kepala Bagian Pengawasan Bank OJK Lampung Kaswadi mengatakan bahwa terdapat sembilan bank yang telah menerapkan program Laku Pandai, diantaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTPN, BPD, dan Bank Syariah.

Menurutnya, program itu untuk memudahkan masyarakat menabung tanpa mendatangi kantor bank dalam rangka keuangan inklusif. Program itu diutamakan untuk nasabah yang baru pertama kali menabung, selanjutnya nasabah dapat pula diberikan layanan kredit serta untuk pembiayaan kesehatan.

Ia menambahkan tabungan nasabah pada program Laku Pandai dibatasi hingga Rp20 juta dan penarikan paling banyak Rp5 juta per bulan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: