Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Bakal Mandek Bila Tak Diimbangi Literasi Keuangan (3)

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Salah satu perbankan swasta yang memiliki jaringan paling luas di Indonesia, Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya juga membuktikan ada kesadaran perusahaan swasta untuk turut serta mengedukasi masyarakat perihal literasi dan inklusi keuangan.

Perbankan itu terus mendorong upaya peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

BCA bersama OJK melanjutkan komitmennya dalam mengoperasikan Mobil Literasi Keuangan (SiMOLEK) bahkan menjadikannya sebagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA pilar Solusi Cerdas.

"Sebagai bagian dari industri keuangan di Indonesia, BCA senantiasa berupaya untuk mengambil bagian dalam peningkatan literasi keuangan khususnya di wilayah-wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang merata dan baik," ujar Direktur BCA Armand Hartono.

Menurut dia, hal ini yang mendorong BCA untuk kembali mengoperasikan SiMOLEK, dan dimulai dari Jakarta terlebih dahulu. Melalui acara yang berlangsung selama lima hari ini, BCA berharap dapat mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas dalam mengelola keuangan, mengakses informasi dan menggunakan produk jasa keuangan.

Berbagai fitur dan fasilitas dapat dijumpai pada SiMOLEK, antara lain materi edukasi keuangan mengenai peran dan fungsi OJK dan perbankan serta berbagai produk perbankan.

Berbagai fitur dan manfaat ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai literasi keuangan, mendorong dan meningkatkan minat masyarakat menggunakan produk/jasa keuangan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produk/jasa keuangan.

Selain mengoperasikan mobil SiMolek, BCA juga menghadirkan mobil Kas BCA yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mengenal berbagai produk perbankan yang telah ada.

Dengan demikian masyarakat dapat semakin memahami manfaat, fitur, hak dan kewajiban, risiko, perhitungan bunga dan denda, serta berbagai pengetahuan perbankan lainnya.

Selain berpartisipasi dalam mengoperasikan SiMOLEK, BCA juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi keuangan dan memberikan edukasi solusi perbankan.

Edukasi ini telah dilakukan kepada masyarakat umum tidak terkecuali anak-anak dan keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Bagi para siswa, BCA mengedukasi dengan mengembangkan produk Simpanan Pelajar (SimPel); bekerja sama dengan Kidzania untuk mengembangkan sarana edukasi perbankan dalam bentuk edutainment; serta memasukkan literasi keuangan dalam program Daycare yang diperuntukkan bagi anak-anak karyawan BCA.

BCA juga mengedukasi anak-anak dan keluarga TKI di Cirebon, Indramayu, serta Sukabumi dan berpartisipasi dalam kegiatan edukasi keuangan bagi TKI di Hongkong.

"Melalui program-program ini kami berharap angka literasi keuangan di Indonesia semakin meningkat dan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Armand. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: