Portal Berita Ekonomi Kamis, 20 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 14:49 WIB. Miliarder -¬†Bernard Arnault masuk ke dalam klub eksklusif miliarder centibillionaires.
  • 14:38 WIB. China - Dell, Microsoft, dan Intel tolak proposal tarif untuk laptop China.
  • 14:27 WIB. Facebook - Parlemen AS panggil Facebook terkait Libra.
  • 14:04 WIB. Youtube - Perangi konten nakal, Youtube hapus 9 juta video.
  • 13:13 WIB. Samsung - Samsung¬†diprediksi rilis Galaxy Fold bersamaan dengan Galaxy Note 10 atau setelahnya.

Survei Accenture: Memahami Perilaku Konsumen Digital

Survei Accenture: Memahami Perilaku Konsumen Digital - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Hasil survei Accenture mengungkapkan lima tren utama kelompok screenanger yang dapat digunakan untuk memahami perilaku konsumen digital Indonesia. Lima tren utama tersebut yaitu multiplier effect, internet of things (IoT), lost in transmission, the way you make me feel, dan brand engagement.

Tren pertama yaitu multiplier effect yang menunjukkan bahwa konsumen kini melakukan beragam aktivitas dengan mengandalkan perangkat mobile. Hal ini disebabkan oleh semakin pesatnya pertumbuhan konsumen yang memiliki berbagai perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan laptop.

Di Indonesia penggunaan beragam perangkat mobile ini juga terjadi. 86 persen Screenager telah memiliki smartphone dan 34 persen diantaranya memiliki perangkat tersebut untuk menunjang aktivitas hariannya.

Tren penggunaan perangkat mobile di Indonesia cenderung lebih tinggi dibandingkan tren global. 99 persen konsumen Indonesia menggunakan aplikasi mobile untuk layanan komunikasi, sedangkan konsumen global 87 persen.

Dari persentase tersebut, Accenture mengemukakan bahwa 75 persen konsumen telah mengetahui layanan transaksi pembayaran mobile dan 53 persen diantaranya memanfaatkan layanan e-learning atau online training course. Penyedia produk dan layanan digital dapat menjadikan fenomena ini sebagai peluang usaha yang besar agar menyesuaikan dengan permintaan konsumen akan layanan digital.

Tren kedua yakni perkembangan penggunaan Internet of Things (IoT) di perangkat mobile. Secara global maupun di Indonesia, tren ini menunjukkan bahwa banyak konsumen sebagai pengguna awal yang menemukan kendala penggunaan solusi perangkat intelijen secara optimal.

Sebanyak 56% konsumen Indonesia (global: 41%) sudah memiliki perangkat yang dilengkapi IoT namun 85% konsumen mengakui masih mengalami ketidakpuasan ketika menggunakannya.

Tag: PT Accenture Indonesia

Penulis: Leli Nurhidayah

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Leli Nurhidayah

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,814.89 3,776.33
British Pound GBP 1.00 18,144.14 17,956.97
China Yuan CNY 1.00 2,079.35 2,058.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,307.00 14,165.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,856.09 9,751.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,829.80 1,811.57
Dolar Singapura SGD 1.00 10,506.72 10,400.91
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,112.54 15,946.96
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,439.18 3,401.78
Yen Jepang JPY 100.00 13,277.96 13,142.51

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6335.698 -3.564 636
2 Agriculture 1412.814 5.106 21
3 Mining 1618.711 2.675 46
4 Basic Industry and Chemicals 770.641 11.276 71
5 Miscellanous Industry 1309.244 -10.662 47
6 Consumer Goods 2443.659 -20.168 52
7 Cons., Property & Real Estate 498.736 6.765 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1196.374 -1.489 74
9 Finance 1290.556 -2.124 90
10 Trade & Service 804.307 -0.238 159
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 189 254 65 34.39
2 MTPS 1,010 1,260 250 24.75
3 SFAN 318 396 78 24.53
4 GLOB 258 318 60 23.26
5 SRAJ 222 270 48 21.62
6 INKP 8,175 9,900 1,725 21.10
7 SIMA 87 104 17 19.54
8 POLL 1,560 1,850 290 18.59
9 CNTX 490 580 90 18.37
10 SDMU 58 68 10 17.24
No Code Prev Close Change %
1 BRAM 12,500 10,000 -2,500 -20.00
2 NICK 274 230 -44 -16.06
3 PNSE 600 525 -75 -12.50
4 BOLA 422 376 -46 -10.90
5 MNCN 1,125 1,015 -110 -9.78
6 SIPD 890 805 -85 -9.55
7 SSTM 400 362 -38 -9.50
8 ZONE 600 550 -50 -8.33
9 TFCO 510 470 -40 -7.84
10 MFMI 525 486 -39 -7.43
No Code Prev Close Change %
1 INKP 8,175 9,900 1,725 21.10
2 CSIS 97 103 6 6.19
3 MNCN 1,125 1,015 -110 -9.78
4 BMTR 400 376 -24 -6.00
5 TKIM 11,075 12,725 1,650 14.90
6 BBRI 4,290 4,310 20 0.47
7 TLKM 4,100 4,040 -60 -1.46
8 BTPS 3,050 2,860 -190 -6.23
9 BBCA 29,700 29,550 -150 -0.51
10 APLN 234 226 -8 -3.42