Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:00 WIB. WeChat - WeChat butuh 7 tahun untuk jadi aplikasi super.
  • 20:58 WIB. Huawei - Huawei bikin asisten pintar penantang Amazon dan Google.
  • 20:49 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo resmi cabut izin frekuensi First Media, Bolt, dan Jasnita.
  • 16:25 WIB. Asus - Asus ZenBook Pro 15, laptop 2 layar seharga Rp36 juta.

Inilah Merek-merek Paling Dikenal Gen Y Indonesia

Foto Berita Inilah Merek-merek Paling Dikenal Gen Y Indonesia
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Survei dari Brand Alliance terhadap anak muda atau bisa disebut Gen Y menghasilkan 26 produk atau merek yang paling dikenal, sering dipakai, serta dikonsumsi generasi muda Indonesia.

Menurut data yang diterima di Jakarta, Sabtu (22/7/2016), lima kategori teratas adalah mobil, motor, telefon genggam, laptop, dan kamera.

Mobil paling banyak digunakan adalah Honda, kemudian disusul Mazda, Toyota, Nissan dan peringkat lima adalah Mitsubishi; yang semuanya adalah merek kendaraan Jepang. Kemudian untuk kategori motor, Honda masih menjadi yang populer, selanjutnya disusul Yamaha, Kawasaki, dan terakhir Suzuki.

Untuk kategori telefon genggam, adalah Apple (iPhone) masih menjadi paling favorit di Indonesia, disusul Samsung, Sony, Nokia dan LG. Sedangkan laptop, Apple (Macbook serie) juga masih menjadi merek terpopuler dan disusul Lenovo, Vaio, Hp serta Asus.

Sementara itu, kamera Canon masih menjadi terpopuler dikejar peringkat dua, Nikon, kemudian Sony, Olympus, dan Fuji. 

 
Dalam menentukan merek produk ternama Asia, Brand Alliance perlu mempelajari dan menganalisis lebih dari 6.000 komentar konsumen Gen Y dari lima negara yaitu Indonesia, Singapura, Malysia, Thailand dan Cina, serta hanya diambil lima merek produk ternama dari masing-masing negara tersebut (didefinisikan sebagai 21 - 31 tahun).

Jika dibandingkan dengan Gen Y dari negara lain di Asia, merek produk ternama pilihan Gen Y di Indonesia memamerkan kualitas dasar dan menempatkan tagline sebagai cara untuk menarik pembeli. Berbeda dengan Gen Y di China lebih memamerkan dan mengejar gaya hidup melalui merek produk yang dipilihnya, seperti merek produk impor dan mahal. 
 
Oleh karena itu, Gen Y di China cenderung mempertimbangkan produk bermerek dan tampilan kemasan sebagai ekstensi penting dari identitas diri.

Menurut dosen jurusan manajemen Universitas Tarumanagara, Arnold Japutra, Gen Y di Indonesia memilih produk dengan merek internasional dan nasional. Jika kategori makanan dan minuman biasanya justru merek lokal yang digemari.

Hal ini, menurutnya, didasari tiga alasan, antara lain merek sudah akrab ditelinga mereka, kejelasan legalitas atau sertifikasi, dan etnosentrisme. Sebagian besar dari mereka telah menggunakan atau membeli merek ini sejak masih kecil. 
 
Namun demikian, harus dicatat juga bahwa aksesibilitas dan ketersediaan merek nasional juga memainkan peran penting.  (Ant)

Tag: Smartphone

Penulis: https://www.wartaekonomi.co.id/penulis.html,

Editor: Vicky Fadil

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35