Portal Berita Ekonomi Minggu, 22 Oktober 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • 10:49 WIB. JICA - Kemenperin¬†dan JICA melakukan kerja sama dalam pengembangan industri potensial.
  • 08:58 WIB. Somalia¬†- Somalia deklarasikan perang dengan Al-Shabaab.
  • 08:57 WIB. Filipina - Kapal perang Rusia tiba di Filipina.
  • 08:54 WIB. Malaysia - Dua WNI tewas setelah longsor terjang wilayah di Tanjung Bungah, Penang, Malaysia.
  • 08:53 WIB. Korea Selatan - Dua pesawat supersonik B-1B AS terbang rendah di langit Korea Selatan.
  • 08:51 WIB. Trump - Donald Trump hendak beberkan dokumen rahasia pembunuhan Joh F. Kennedy.
  • 08:50 WIB. Catalonia - Ambil alih Bacelona, Spanyol dicap lakukan 'kudeta' terhadap Catalonia.
  • 08:49 WIB. Korea Utara - Kapal induk AS mampir ke Korea Selatan pasca 'unjuk gigi' kekuatan pada Korea Utara.
  • 08:48 WIB. Nuklir - Vladimir Putin yakin tekonologi masa depan akan lebih ngeri dari bom nuklir.
  • 08:47 WIB. Duterte - Rodrigo Duterte: kalau polisi tidak berani, saya yang akan tembak penjahat.
  • 08:46 WIB. Catalonia - Otoritas Madrid siap ambil Barcelona, pemimpin Catalonia siap melawan.

Greatest of All Time

Foto Berita Greatest of All Time
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Untuk sebagian orang, the best president ever is still Mr Soekarno. Kebanyakan dari kita tidak berkesempatan menyaksikan langsung sepak terjang beliau, namun dari apa yang diceritakan tentang karismanya yang konon paling ganteng dan mahir berorasi, Soekarno merupakan salah satu tokoh paling ikonik di era tersebut, bahkan pada tingkat dunia.

Beberapa karakteristik iconic brand yang saya sarikan dari pengamatan:

1. Me Against The World Mentality

Mendeklarasikan sikapnya melawan "kekuatan barat" yang mengarahkan perhatian dunia kepadanya. Apple Computer dulu mengasosiasikan diri dengan tokoh-tokog kontroversial seperti Bono, Einstein, Martin Luther King, John Lennon, yang dengan sengaja menunjukkan i am different.

2. Magnetism

Good looking dan kemampuan berpidato is necessary. Provokatif dan argumentatif. Tidak ada yang mau mengidolakan tokoh yang fotonya tidak bagus dipajang di dinding kamar. Betul kan? Jangan anggap remeh penampilan. Nobody likes an ugly brand, at least not for long. Unique yes, ugly no!

3. Consistent Attributes

Kopiah, setelan safari, kacamata hitam. Sebagaimana kumis Charlie Chaplin Hitler tetap melekat di benak semua orang. Presiden Soekarno melabeli dirinya dengan "Bung", it is a personal branding strategy. Contoh di marketing: Nike dengan "swoosh" check mark-nya. Mr badut Ronald Mc Donald. Tidak ada brand lain yang lebih kuat asosiasinya dengan warna merah selain Ferrari. Bright Gas Pertamina: Pink! Saya selalu menganjurkan teman-teman Pertamina untuk stick with one color only.

4. Story, Drama, & Controversy

Selain seberapa bagusnya kamu, pertanyaan yang juga penting adalah seberapa sensasional kamu? Bung Karno memiliki lebih dari satu istri di mana dalam pandangan dunia modern hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak lumrah dan tentunya mengundang polemik.

Sebagai persona yang flamboyan dan emosional, beliau tidak ragu mendeklarasikan "Ganyang Malaysia" yang membuat Asia Tenggara kalang kabut. Saya biasanya menghindari sensasi berisiko dalam penyusunan strategi komunikasi. Namun, kenyataannya memang audience akan selalu mengingat SDC (story, drama, controversy). So, this is just for you to know, it's your choice.

5. Being The First

Saya taruh the first di paling akhir karena justru ini yang paling penting. Bung Karno adalah Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama. Niel Armstrong adalah orang pertama yang mendarat di bulan (orang kedua tidak ada yang ingat).

Michael Jordan bukan pebasket pertama tentunya, tetapi dialah yang pertama kali memainkan basket bagaikan sebuah entertainment. Celana gombrong? Jordan yang pertama kali memakainya, FYI. Tentu saja your product has to be good, but sometimes being good only is not enough, you have to be THE FIRST. Kaskus adalah yang pertama. Amazon.com adalah yang pertama.

Saat kita sempat menjadi konsultan Yamaha di kisaran 2005-an, market share mereka tidak sampai setengahnya Honda. Lalu, Yamaha memberanikan diri menjadi yang pertama meluncurkan motor matic dengan segala suka-dukanya. Kita merasakan dukanya lumayan banyak, tidak mudah meluncurkan produk yang belum ada sama sekali di pasar. Sekarang? Market share Yamaha dan Honda relatif setara.

Tidak semua karakteristik iconic brand cocok untuk kita. Chose and pick those which are suitable for you.

Penulis: Alex Mulya, CEO Axia World Indonesia, Marketing Research & Consultancy

Tag: Alex Mulya

Penulis: https://www.wartaekonomi.co.id/penulis.html,

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Alex Mulya

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,622.47 3,586.11
British Pound GBP 1.00 17,819.44 17,635.67
China Yuan CNY 1.00 2,055.47 2,034.89
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,585.00 13,449.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,652.00 10,542.67
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,741.38 1,723.90
Dolar Singapura SGD 1.00 9,998.53 9,896.98
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,058.83 15,892.68
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,215.77 3,181.31
Yen Jepang JPY 100.00 12,005.13 11,881.79

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5929.549 19.019 564
2 Agriculture 1754.087 -2.560 18
3 Mining 1527.878 5.182 45
4 Basic Industry and Chemicals 634.942 2.086 68
5 Miscellanous Industry 1351.937 10.222 43
6 Consumer Goods 2506.331 7.379 45
7 Cons., Property & Real Estate 504.424 4.833 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1160.979 7.471 59
9 Finance 1030.441 4.914 90
10 Trade & Service 913.092 -9.075 131
No Code Prev Close Change %
1 ZINC 462 575 113 24.46
2 AKSI 442 545 103 23.30
3 BACA 193 220 27 13.99
4 TRAM 135 152 17 12.59
5 WTON 575 635 60 10.43
6 NIPS 428 470 42 9.81
7 GPRA 143 157 14 9.79
8 BPFI 450 490 40 8.89
9 DSFI 119 129 10 8.40
10 BRAM 7,200 7,775 575 7.99
No Code Prev Close Change %
1 TRUS 195 127 -68 -34.87
2 HOME 272 214 -58 -21.32
3 TIFA 244 197 -47 -19.26
4 HDTX 478 390 -88 -18.41
5 BIRD 4,700 4,260 -440 -9.36
6 APII 254 234 -20 -7.87
7 MPPA 635 585 -50 -7.87
8 ADMG 224 208 -16 -7.14
9 BUVA 560 525 -35 -6.25
10 JGLE 133 125 -8 -6.02
No Code Prev Close Change %
1 HOME 272 214 -58 -21.32
2 TRAM 135 152 17 12.59
3 BUMI 204 212 8 3.92
4 TIFA 244 197 -47 -19.26
5 TLKM 4,210 4,270 60 1.43
6 PBRX 500 500 0 0.00
7 WIKA 1,810 1,900 90 4.97
8 BBCA 20,325 20,350 25 0.12
9 PGAS 1,660 1,680 20 1.20
10 SRIL 390 388 -2 -0.51