Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

525 Mahasiswa Terima Djarum Beasiswa Plus 2016

525 Mahasiswa Terima Djarum Beasiswa Plus 2016 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Kudus -

Sebanyak 525 orang mahasiswa berprestasi dari 90 perguruan tinggi dari 34 provinsi di Indonesia menerima program Djarum Beasiswa Plus dari Bakti Pendidikan Djarum Foundation untuk tahun ajaran 2016/2017.

Program Director Djarum Foundation Primadi H Serad mengatakan program Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) diberikan hanya untuk mahasiswa berpresatasi dari berbagai latar belakang pendidikan bukan karena faktor ekonomi semata.

"Namun selain prestasi akademik minimal IPK 3 mereka juga harus aktif dalam kegiatan kemahasiswaan atau kemasyarakatan. Kita tidak akan memberikan pada mahasiswa yang IP-nya 4, tapi dia tidak aktif di kegiatan kemahasiwaan," jelas Primadi saat ditemui di studio animasi SMK Raden Umar Said, SMK animasi binaan Djarum Foundation di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (15/11/2016).

Selain itu, lanjut Primadi, penerima Djarum ?Beasiswa Plus yang saat ini memasuki tahun ke 32, selain mendapat dana pendidikan sebesar Rp750.000 per bulan selama satu tahun, seluruh penerima dikumpulkan di Semarang untuk mengikuti Nation Building yang merupakan ajang pembekalan dan penguatan wawasan kebangsaan kepada penerima Djarum Beasiswa Plus atau disebut Beswan Djarum pada 11-15 November 2016.

"Nation Building ini sangat penting bagi generasi muda Indonesia khususnya bagi Beswan Djarum karena ini modal kepercayaan diri dan rasa hormat kita sebagai bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kami ingin para Beswan Djarum memiliki rasa persatuan dan kebanggan diri sebagai insan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita menjadikan bangsa ini sebagai bangsa besar yang bermartabat," ujar Primadi.

Selain Nation Building pada Beswan Djarum juga mendapat materi lainya seperti character building, leadership development, competition challanges seperti debate competition, writing competition, blog competition, international exposure, dan community empowerment.

"Dari survei kita diketahui 30-40% ketertarikan mahasiswa untuk mendaftar beasiswa ini karena keinginan mendapatkan pengalaman Nation Building ini. Karena ini tidak didapatkan pada program beasiswa lainnya," tambah Primadi.

Tahun ini jumlah pendaftar Beasiswa Plus Djarum ada sebanyak 18.607 orang meningkat dari tahun 2015 yang sebanyak 15.000 lebih. Dari sejumlah pendaftar tersaring sebanyak 8558 orang yang diundang untuk tes tertulis dan didapat sebanyak 522orang yang berhasil meningkat dibanding periode sebelumnya, 2015/2016 yang sebanyak 522 mahasiswa yang berasal dari 86 perguruan tinggi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: