Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia siap Hadapi Gejolak Ekonomi Global 2017

Indonesia siap Hadapi Gejolak Ekonomi Global 2017 Kredit Foto: Sampoerna University
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ekonom Sampoerna University Wahyoe Soedarmono, keluarnya modal asing (capital outflow) akibat pengaruh global khususnya Setelah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat masih lebih kecil dibandingkan negara lainnya. Adapun modal asing yang keluar dari Indonesia dalam tempo sepekan di pertengahan November 2016 mencapai Rp16 triliun.

"Efek pelarian modal di Indonesia ?relatif lebih kecil dibandingkan Thailand, India, Taiwan, maupun Korea Selatan," ujar dia dalam acara The Indonesia Economic and Financial Sector Outlook (IEFSO) 2017 di Balai Sudirman, Jakarta, Senin (5/12/2016).

Menurutnya, tekanan di Indonesia tersebut dapat dimoderasi oleh meningkatnya pendapatan negara dari program amnesti pajak, dengan deklarasi uang tebusan telah mencapai Rp98,7 triliun, dan dana repatriasi sebesar Rp143 triliun akan masuk ke Indonesia sampai akhir 2016.

"Sehingga, secara umum posisi Indonesia relatif siap untuk menghadapi gejolak pasar jangka pendek setidaknya hingga tahun 2017," imbuhnya.

Terkait rencana kenaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat oleh The Fed (taper tantrum) pada akhir 2016 dan sepanjang 2017, saat ini situasi neraca transaksi berjalan Indonesia cukup kuat, dimana defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit / CAD) hanya menyentuh 1.8% dari PDB di Triwulan III 2016, dibandingkan posisi menjelang akhir 2013 yang menyentuh 4.4% dari PDB.

"Sehingga, risiko pelarian modal dari Indonesia akibat sentimen negatif investor asing terhadap kondisi Indonesia dapat diminimalkan," ungkap Wahyoe.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rahmat Patutie

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: