Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PermataBank Syariah Luncurkan Pendaftaran Haji Satu Atap di Indramayu

PermataBank Syariah Luncurkan Pendaftaran Haji Satu Atap di Indramayu Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) menjalin kerja sama dengan PermataBank Syariah dalam Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap. Dengan layanan ini, calon jamaah haji (calhaj) dapat melakukan pembukaan dan penyetoran dana hajinya secara langsung di satu tempat mengingat payment point?bank dan kantor Kemenang berada dalam satu atap sehingga tujuan one stop services dapat tercapai.

Terobosan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2015 yang mengatur tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler dari sebelumnya empat tahap menjadi dua tahap sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Bilamana sebelumnya calhaj harus bolak-balik dari bank ke kantor Kemenag hingga empat kali untuk memvalidasi nomor dan pembayarannya maka dengan solusi ini dapat memangkas hanya menjadi dua kali mengingat perwakilan bank dan Kemenag telah berada dalam satu atap.

Indramayu menjadi kota kelima pelaksanaan pendaftaran haji satu atap ini setelah langkah awal (pilot project) dilakukan di Kota Bandung dan dilanjutkan di Brebes, Karawang, dan Cirebon.

Hadir dalam peluncuran Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap ini Direktur PermataBank Syariah Achmad K. Permana, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji & Umrah Kementrian Agama RI Prof. Dr. H. Abdul Djamil. MA, Kakanwil Departemen Agama Jawa Barat Drs. H. A. Buchori, M.M, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Indramayu Drs. H. Yayat Hidayat, M.Ag., para pejabat Muspida dan PermataBank Syariah serta perwakilan caljhaj.

Abdul Djamil mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena layanan pendaftaran haji satu atap di Kota Indramayu dan empat kota lainnya ini dapat terealisasi berkat dukungan PermataBank Syariah.

"Kami mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan kalangan perbankan syariah ini sehingga memudahkan calhaj menyelesaiakan proses administrasi hajinya. Urusan administrasi cukup dilakukan di dalam area yang sama sehingga calhaj dapat lebih konsentrasi untuk mempersiapkan perjalanan hajinya dengan lebih baik. Hal inilah yang ingin kami capai sehingga pemerintah dapat secara terus-menerus meningkatkan kualitas layanan haji," ujar dia dalam keterangan resminya di Indramayu, Sabtu kemarin (11/2/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Achmad K Permana menjelaskan PermataBank Syariah memiliki komitmen mendukung program pemerintah khususnya yang dilakukan oleh Kemenag dalam pelayanan pendaftaran haji satu atap ini. Layanan ini jelas sangat dibutuhkan oleh calhaj karena dapat membuat proses validasi dan pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Dari beberapa kota seperti di Bandung, Brebes, Karawang, dan Cirebon, dirinya telah melihat waktu tunggu calhaj menjadi demikian efisien. Waktu pemroses hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam, bandingkan dengan sebelumnya yang membutuhkan waktu berhari-hari.

"Hal ini tentunya berkat dukungan teknologi yang langsung dan seketika (online real time) serta rekam jejak PermataBank Syariah yang panjang dalam mendukung kelancaran program haji pemerintah. Sejak tahun 2013 kami menerima amanah dari Kemenag sebagai salah satu dari 17 bank syariah yang ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS ?BPIH). Sebagai bank syariah terbesar keempat di Indonesia, kami tidak hanya memberikan layanan haji regular saja, namun juga layanan kepada calon jemaah haji khusus. Untuk itu, kami bahkan mengembangkan produk PermataTabungan iB Haji untuk membuka kesempatan lebih luas kepada masyarakat berangkat ke Tanah Suci secara terencana," jelas Permana.

PermataBank Syariah melalui PermataTabungan iB Haji menggagas gerakan #WaktunyaKeTanahSuci pada bulan April tahun 2016 yang lalu menjadi solusi untuk mewujudkan langkah nyata memampukan diri berangkat ke Tanah Suci. Dengan setoran awal sebesar Rp250 ribu, nasabah sudah bisa berikhtiar untuk menunaikan ibadah haji.

Selain itu PermataTabungan iB Haji juga telah terhubung dengan SISKOHAT di 17 Kantor Cabang Syariah dan 296 Kantor Layanan Syariah (Office Channelling) di seluruh Indonesia. ?Dengan adanya layanan online ini, nasabah akan memperoleh porsi haji sesuai urutan yang dikeluarkan oleh Kemenag ketika dana nasabah sudah mencapai Rp25 juta. ?Selain itu juga tersedia dalam dua pilihan produk tabungan, yaitu: Layanan Haji Reguler (IDR) dan Layanan Haji Khusus (USD).

Di sisi lain, untuk memitigasi calhaj yang batal berangkat pada waktu keberangkatan dikarenakan dananya tidak mencukupi untuk pelunasan karena satu dan lain hal, para calhaj dapat menggunakan Proteksi Prima Syariah-Avrist.

Dengan demikian, melalui produk asuransi syariah ini calhaj akan mendapatkan sejumlah dana yang sudah disisihkan sebelumnya untuk alokasi pelunasan biaya haji. Selain itu bilamana jamaah wafat di tanah suci maka ahli waris akan mendapatkan double klaim dari manfaat nilai asuransinya.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: