Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Klaim Surrender Dominasi Klaim Industri Asuransi Jiwa di 2016

Klaim Surrender Dominasi Klaim Industri Asuransi Jiwa di 2016 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, total klaim dan manfaat asuransi jiwa di penghujung 2016 mengalami kenaikan 32,4%, dari Rp72,57 triliun di akhir tahun 2015 naik menjadi sebesar Rp96,05 triliun.

Ketua Bidang Regulasi dan Best Practices AAJI Maryoso Sumaryono mengatakan klaim nilai tebus (surrender) yang sebesar Rp52,32 triliun memiliki proporsi terbesar di dalam pembayaran klaim dan manfaat, yakni sebesar 54,5% dari total klaim yang dibayarkan.

"Klaim nilai tebus ini meningkat sebesar 49% dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp35,12 triliun," ujarnya saat paparan Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal IV-2016 di Rumah AAJI Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Selain klaim nilai tebus, klaim penarikan sebagian (partial withdrawal) juga mengalami peningkatan sebesar 7,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 menjadi Rp13,57 triliun. Sementara itu, klaim kesehatan (medical) turut meningkat sebesar 28,5% menjadi Rp9,29 triliun.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan peningkatan tersebut dapat terjadi akibat bertambahnya kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun pengalihan dana untuk keperluan lainnya.

"Peningkatan angka ini menggambarkan masyarakat betul-betul merasakan manfaat dan layanan asuransi kesehatan serta menyadarkan kita akan pentingnya perlindungan kesehatan," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: