Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menhub Tambah Kapal Ro-Ro Antisipasi Lebaran 2017

Menhub Tambah Kapal Ro-Ro Antisipasi Lebaran 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengintensifkan penggunaan Kapal Ro-Ro (roll on-roll off) untuk angkutan truk dan penumpang di Jawa mengantisipasi lebaran 2017.

"Kalau di Jawa masalahnya bagaimana angkutan itu kelebihan kapasitas di jalan raya dan itu harus diberikan substitusinya, substitusinya tol laut, tol laut seperti apa? Tol laut menggunakan Kapal Ro-Ro," kata Menhub di Halaman Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Menurut Menhub, lalu lintas jalan raya Jakarta-Surabaya begitu padat. Saat ini terdapat sekitar 12.000 truk per hari di jalan raya tersebut.

Untuk itu, Menhub mengatakan pelan-pelan akan mulai mengalihkan truk untuk menggunakan Kapal Ro-Ro dalam perjalanan Jakarta-Surabaya. Rencananya, upaya pengalihan akan dimulai seminggu sebelum puasa tiba.

"Kalau itu kita bisa katakan lima kapal dalam satu hari, truk yang bisa diangkut itu kurang lebih seribu truk, penumpang yang diangkut minimal 1.500 ini kalau bisa konstan dan saat lebaran bisa kita konsentrasikan minimal 1.500-2.000 orang," katanya.

Di saat bersamaan, menurut dia, pihaknya juga akan menerapkan manajemen jembatan timbang. "Jadi jembatan timbang kita operasikan, dan truk itu akan kita alihkan ke Ro-Ro itu," katanya.

Selain itu, Menhub mengatakan, guna mengantisipasi lebaran pihaknya akan berupaya untuk menambah variasi angkutan terutama penggunaan kapal laut.

"Kita usahakan angkutan-angkutan ini bervariasi, oleh karenanya kita gunakan angkutan laut, udara juga akan ada, memang kapasitasnya sudah agak maksimal adalah kereta api," katanya.

Menhub, menambahkan pihaknya tidak menganjurkan mudik dengan menggunakan roda dua. Bagi mereka yang ingin tetap membawa kendaraan roda dua, menurut dia, dapat menggunakan kereta api atau kapal untuk mengangkut kendaraannya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: