Portal Berita Ekonomi Sabtu, 23 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 07:41 WIB. Kualifikasi Euro Grup B - Portugal 0 vs 0 Ukraina
  • 07:39 WIB. Kualifikasi Euro Grup B - Luksemburg 2 vs 1 Lithuania
  • 07:38 WIB. Kualifikasi Euro Grup A - Inggris 5 vs 0 Republik Ceko
  • 07:16 WIB. Kualifikasi Euro Grup A -  Bulgaria 1 vs 1 Montenegro

4 Kiat Sukses Jadi Reseller Baju Muslim

4 Kiat Sukses Jadi Reseller Baju Muslim - Warta Ekonomi
WE Online, Bandung -

Ada beberapa langkah yang dilakukan Lia Yuldinawati dalam menjalanlan bisnis baju muslimnya. Menurut wanita kelahiran 1975 yang kini mengenyam pendidikan S3 di Twente University, Belanda, ini ada empat kiat sukses berbisnis busana muslim, yakni

1. Fokus

Pertama adalah fokus di mana pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus melihat ke diri sendiri, melihat kompetesi diri sendiri seperti apa, bisa melakukan kemampuannya di mana.

"Fokus di situ jangan sampai melihat bahwa di kanan-kiri kita lagi musim bisnis apa kemudian kita mengikutinya," tuturnya kepada Warta Ekonomi di Bandung, Minggu (26/3/2017).

2. Skill/Kemampuan

Ketika kita sudah maka fokus yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas diri. Kemampuan setiap individu harus ditingkatkan sehingga bisa bersaing di dunia wirausaha.

3. Inovasi

Dalam membangun bisnis sebuah inovasi atau kreativitas wajib dimiliki oleh setiap pelaku UMKM. Menurutnya, kreativitas itu sederhana, hanya melihat dari sudut pandang yang berbeda, kemudian kita kawinkan dengan peluang maka akan melahirkan apa yang kita sebut sebagai inovasi.

"Sehingga kita akan menambahkan sesuatu dari produk lama, tetapi lebih memiliki nilai tambah," ujarnya.

Ia mengatakan hal yang paling penting dikerjakan bukan hanya untuk mencari keuntungan pribadi melainkan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga apa yang dibuat pasti ada yang membeli.

"Kalau jalannya berawal dari idealisme dengan mengklaim dirinya sebagai ahli di bidang yang menurut dirinya sendiri bahkan produknya diklaim sudah baik namun tidak ada konsumen yang membutuhkannya maka sampai kapanpun tidak akan mendapatkan pasarnya atau pembelinya," paparnya.

4. Helicopter View

Memandang pasar dari produk yang kita hasilkan harus dilihat secara helicopter view artinya dilihat apa yang bisa kita produksi bagi orang banyak.

"Apa yang mampu mulailah dengan meningkatkan kemampuan diri," pungkasnya.

Intinya fokus, kreativitas, dan inovasi menjadi andalan bisnis yang dilakukan Lia. Jika poin-poin tersebut dikerjakan maka bukan hal yang mustahil bisnis UMKM yang Anda jalani semakin moncer.

Tag: Lia Yuldinawati

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Rahmat Saepulloh

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,794.23 3,755.47
British Pound GBP 1.00 18,692.75 18,500.55
China Yuan CNY 1.00 2,125.36 2,104.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,228.00 14,086.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,103.30 10,001.06
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,813.38 1,795.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,546.29 10,439.49
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.93 16,018.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,506.16 3,466.90
Yen Jepang JPY 100.00 12,850.43 12,718.74

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6525.274 23.498 629
2 Agriculture 1490.781 9.164 21
3 Mining 1887.862 3.129 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.367 -5.244 71
5 Miscellanous Industry 1284.891 0.529 46
6 Consumer Goods 2663.462 4.407 52
7 Cons., Property & Real Estate 465.570 -1.138 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1170.915 5.940 72
9 Finance 1263.236 12.361 91
10 Trade & Service 828.467 0.865 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 420 525 105 25.00
2 GLOB 352 440 88 25.00
3 CAKK 270 326 56 20.74
4 ECII 825 990 165 20.00
5 SMMA 7,700 9,000 1,300 16.88
6 TGKA 3,010 3,500 490 16.28
7 ANDI 1,605 1,805 200 12.46
8 FISH 3,400 3,760 360 10.59
9 LPLI 135 149 14 10.37
10 BKSW 175 193 18 10.29
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 224 168 -56 -25.00
2 KICI 310 260 -50 -16.13
3 IDPR 735 640 -95 -12.93
4 PYFA 198 177 -21 -10.61
5 ATIC 990 895 -95 -9.60
6 JMAS 895 810 -85 -9.50
7 LAND 1,085 1,010 -75 -6.91
8 MTSM 240 224 -16 -6.67
9 UNIT 242 226 -16 -6.61
10 AKSI 400 374 -26 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 101 97 -4 -3.96
2 HOME 102 102 0 0.00
3 GGRM 88,000 85,900 -2,100 -2.39
4 BBRI 3,980 4,060 80 2.01
5 TLKM 3,800 3,820 20 0.53
6 INKP 10,200 9,800 -400 -3.92
7 FREN 308 328 20 6.49
8 CTRA 975 1,030 55 5.64
9 UNTR 27,800 28,000 200 0.72
10 GIAA 555 555 0 0.00