Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hingga Mei, Anggaran Perindustrian Baru Terserap 24,92%

Hingga Mei, Anggaran Perindustrian Baru Terserap 24,92% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan realisasi anggaran 2017 sampai 31 Mei mencapai Rp708,52 miliar atau 24,92% dari pagu tahun ini sebesar Rp2,84 triliun. Menurut dia, angka ini masih lebih baik dari realisasi periode yang sama tahun lalu yang berada pada kisaran 17,87%.

Politisi Golkar itu menuturkan pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk mencapai target realisasi anggaran 2017 di antaranya melakukan koordinasi dengan unit eselon I dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) terkait pemantauan pengadaan barang dan jasa untuk mendorong percepatan realisasi anggaran khususnya belanja modal.

Langkah lainnya, menurut Menperin, melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dalam upaya mempercepat proses revisi anggaran untuk kegiatan yang memerlukan penyesuaian dan pencairan tanda bintang serta mendorong proses pembayaran uang muka atau penyelesaian pembayaran termin yang sudah jatuh tempo untuk ditagihkan oleh pihak ketiga.

"Selain itu, mempercepat kegiatan-kegiatan swakelola, menyediakan dana atau mengatur cash flow, dan tepat waktu dalam pelaksanaan," ujar dia.

Airlangga menjelaskan anggaran yang terbesar disalurkan pada beberapa program prioritas di antaranya pengembangan SDM industri dan dukungan manajemen Kemenperin yang mencapai Rp941,60 miliar dan telah terealisasi hingga Mei 2017 sebesar 31,05 persen atau Rp292,34 miliar.

"Kemudian, kami tengah fokus menjalankan program penumbuhan dan pengembangan IKM serta program pengembangan teknologi dan kebijakan industri," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: