Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Platform Gratis dari Google ini Cocok bagi Pebisnis

Platform Gratis dari Google ini Cocok bagi Pebisnis Kredit Foto: Reuters/Charles Platiau
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua puluh tahun yang lalu, jika Anda ingin menjangkau pelanggan di luar negeri, Anda harus naik pesawat atau mendirikan kantor. Hal itu tentunya mahal dan tidak mudah. Dengan internet, kini pengiklan yang ingin menjangkau pelanggan di luar negeri memiliki pilihan yang mudah dan hemat biaya.

Web tak ayal memberi para pebisnis skala kecil kesempatan untuk untuk bersaing dengan merek besar. Hal ini dapat membantu para pebisnis skala kecil berkembang secara lokal bahkan global.?

Internet meratakan ?lapangan bermain? bagi pebisnis kecil dan besar dengan dua cara. Pertama adalah kemampuan untuk dapat diukur (measurability). Dengan periklanan online, pebisnis dapat mengetahui berapa besar kontribusi iklan online terhadap penjualan, pendapatan, pendaftaran, dan lalu lintas situs web sehingga tidak ada pembelanjaan yang terbuang sia-sia. Ini berarti usaha kecil dapat mempromosikan produk dan layanan mereka dengan iklan dan merasa aman bahwa pengeluaran mereka tersebut akan menguntungkan nantinya.?

Kedua, web dapat meningkatkan kemampuan untuk dapat ditemukan (discoverability). Web dapat membantu para pemilik usaha kecil menemukan pasar dan pelanggan baru, baik di dalam maupun di luar negeri, bahkan pada momen-momen di mana calon pelanggan sedang mencari produk mereka. Bagi para pemilik usaha kecil yang ingin menjangkau pasar dan pelanggar baru ada beberapa tool gratis yang dapat membantu Anda di antaranya.?

Pertama, Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan platform gratis dari Google yang memungkinkan bisnis Anda untuk ditampilkan di Google Penelusuran, Maps, dan Google+. Kemampuan untuk dapat ditemukan serta dihubungi lewat telepon ataupun e-mail sangatlah penting di era digital. Google Bisnisku menjamin hal ini.?

Kedua, Google Analytics. Google Analytics adalah tool yang membantu memahami bagaimana kinerja kampanye situs dan iklan Anda di semua perangkat. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat menemukan tempat di mana pengunjung dunia datang ke situs Anda. Jika Anda memiliki sejumlah besar pengunjung dari Jepang, misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat versi bahasa Jepang di situs Anda.

Ketiga, Global Market Finder. Global Market Finder membantu mengukur peluang perluasan ke pasar baru. Tool ini akan menerjemahkan kata kunci Anda ke dalam bahasa dunia dan menunjukkan berapa besar kemungkinan biaya untuk mengiklankan istilah-istilah ini di seluruh dunia.

Keempat Google Trends. Google Trends membantu usaha kecil mencari tahu apa yang dicari konsumen di seluruh dunia serta untuk mengetahui popularitas berbagai topik dan produk. Dengan internet, batas fisik tidak menjadi penghalang untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda memiliki produk yang ingin dibeli pelanggan, sekarang lebih mudah daripada sebelumnya untuk menjangkau para pelanggan secara online.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: