Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Fasilitasi Pemasaran Produk Kreatif Indonesia

Kemendag Fasilitasi Pemasaran Produk Kreatif Indonesia Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendukung upaya pengembangan produk kreatif Indonesia dalam mendorong peningkatan ekspor melalui program-program yang dapat menggerakkan industri dan bisnis. Dengan bekerja sama dengan Plaza Indonesia, Kemendag menggelar program Pasar Kreasi Indonesia yang berlangsung 21 Agustus ? 24 September 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta yang diikuti oleh 31 perusahaan terseleksi.

"Kehadiran Pasar Kreasi Indonesia bertujuan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan serta mempromosikan produk bernilai tambah di pusat perbelanjaan," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menghadiri pembukaan Pasar Kreasi Indonesia, Rabu (30/8/2017).

Menurut Enggar, selain dibina dan diberikan pemahaman tentang pasar, produk kreatif Indonesia juga perlu diberikan kesempatan untuk meraih akses pasar dan berpromosi.

"Ini akan mendorong pelaku usaha kreatif Indonesia mengembangkan bisnisnya agar terus berupaya berkreasi, membaca, serta menciptakan tren desain dan berkarya,? kata dia.

Pasar Kreasi Indonesia, lanjut dia, menghadirkan ragam kategori produk untuk mengarahkan pelaku usaha agar siap masuk dalam strategi bisnis yang berorientasi kepada kegiatan ekspor. Para pelaku usaha yang terseleksi ini merupakan representasi dari beragam produk kreatif bernilai tambah Indonesia mulai dari kain tradisional khas Indonesia, fesyen hingga dekorasi rumah dan mebel. Hasil karyanya dapat ditemui di lantai 3 dan 4 Plaza Indonesia.

?Produk yang terseleksi dibuat oleh tangan kreatif Indonesia, yang dengan cerdasnya memadukan material alam Indonesia, seperti kayu, rotan, dan bambu dengan tak lupa menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Kecerdasan tangan kreatif Indonesia yang menghasilkan penghargaan internasional,? imbuh Mendag.

Sementara itu, Strategic & Corporate Affairs Director PT Plaza Indonesia Realty Tbk, Arnes Lukman menyampaikan komitmennya dalam mendukung program pemerintah, terutama pada sektor perdagangan.

"Plaza Indonesia mendukung program Pemerintah di sektor perdagangan dengan memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan akses pasar ritel dan memamerkan diversifikasi produk yang siap bersaing tidak hanya di skala nasional, namun juga internasional. Ini merupakan inisiatif Plaza Indonesia untuk memberikan product experience dan akses kepada pelaku usaha agar siap masuk ke industri ritel yang sesungguhnya," ungkap Arnes.

Pasar Kreasi Indonesia hadir dengan konsep pop-up store modern yang terintegrasi dengan kualitas, keunikan, dan segmentasi pasar. Kehadiran pelaku usaha dan merek lokal di pusat perbelanjaan premium ibukota ini menjadi bukti bahwa produk Indonesia memiliki diferensiasi dan keistimewaan sebagai tuan rumah di negeri sendiri yang tak kalah bersaing dengan merek internasional di Plaza Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: