Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Angkasa Pura II Terapkan Kredo Marketing 3.0

Angkasa Pura II Terapkan Kredo Marketing 3.0 Kredit Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Warta Ekonomi, Bandung -

Manajemen Angkasa Pura II tengah getol menerapkan Kredo Marketing 3.0 yang berbasis customer dan cinta. Pengelola 13 bandara yang sebagian besar di Indonesia barat ini terus berinovasi membuat terobosan yang mencerminkan implementasi Indonesia Incorporated, terutama menjadi first impression buat wisatawan mancanegara dan nusantara yang melintasi terminal udara di bawahnya.

"1 September kami sudah meluncurkan Airport Helper yang tugasnya lebih dari sekedar porter di T-1 dan T-2," kata Dirut Angkasa Pura II M Awaluddin di Bandung, Selasa (5/9/2017).

"Kini, kami bersemangat untuk menjadi bandara dengan level layanan prima atau service excellent.?Di T-3 kami ada shuttle golf car yang mengantar jemput penumpang yang landing atau take off dari lokasi gate yang jauh," tambah Awaludin

Dia menilai marketing 3.0 yang digagas Hermawan Kartajaya itu memiliki perbedaan mendasar dengan Marketing 1.0 dan 2.0. Di era digital ini sentuhan akan nilai-nilai kemanusiaan pada customers jauh lebih efektif.

Dibandingkan dengan Marketing 1.0 yang ?berorientasi profit, lalu Marketing 2.0 yang mengedepankan kepuasan konsumen, Marketing 3.0 lebih humanistik. Hubungan baik dengan konsumen, menumbuhkan rasa cinta dan pertemanan yang dilandasi rasa saling percaya, berbisnis dengan hati dan cinta.

"Kami layani pengguna jasa bandara sebagaimana turis dengan segala hospitality-nya. Bukan hanya sopan santun, tapi dari hati ke hati," ungkapnya

Ada yang menarik di ranah media sosial di Hari Pelanggan Nasional yang jatuh 4 September 2017. Foto-foto, video, serta ungkapan terkait Angkasa Pura II sebagai salah satu garda terdepan dalam dunia pariwisata Indonesia berseliweran di dunia maya.

Mulai dari foto kerennya Bandara Internasional Kualanamu Medan, Skytrain yang dapat mengantarkan mobilisasi penumpang dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta atau pesawat kepresidenan Republik Indonesia yang sedang terparkir juga di Kualanamu, semua muncul dengan tampilan yang sangat menarik.

Di sisi lain, ada juga foto yang memperlihatkan aktivitas petugas yang sedang melaksanakan inspeksi runway. Atau seorang petugas layanan bandara yang sedang membimbing seorang penumpang berkebutuhan khusus. Dalam caption foto dan video, semua ditandai dengan tagline dan hashtag #AyoBikinBandaraAP2Keren.

"Ya, dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, Angkasa Pura II selaku pengelola bandar udara di wilayah barat Indonesia menggulirkan kampanye AyoBikinBandaraAP2Keren di media sosial. Kampanye ini merupakan upaya dari AP II mengajak para pengguna jasa bandara turut aktif bersama-sama menjaga dan menjadikan bandara tempat yang menyenangkan," paparnya.

Muhammad Awaluddin mengatakan AP II ?selaku pengelola bandar udara di wilayah Barat Indonesia selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk pelangga, terlebih dengan semakin meningkatnya citra pariwisata Indonesia membuat AP II menjadi garda terdepan dalam menyambut wisatawan.

Hanya saja, AP II tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan keterlibatan aktif dari pengguna jasa bandara untuk sama-sama menjaga dan membuatnya menjadi lebih keren. Untuk satu tujuan, Indonesia. Karena itu AP II mengajak seluruh pengguna jasa bandara dan masyarakat luas untuk terlibat dalam kampanye di media sosial yang tengah digulirkan AP II.

"Mulai hari ini kita buat gerakan dan ajakan secara kolaboratif dan partisipatif di media sosial bagi pengguna jasa bandara dengan tagline dan hashtag #AyoBikinBandaraAP2Keren," ujarnya.

Ia mengatakan, kampanye ini juga merupakan upaya untuk terus meningkatkan kepedulian internal dan eksternal serta juga peduli dengan bandara-bandara di AP 2.

"Gerakan ini juga bersifat gerakan moral untuk selalu mencintai alat produksi yang kita miliki dalam memberikan pelayanan terbaiknya untuk seluruh pelanggan dan pengguna jasa bandara," jelas Awaluddin.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, dengan gerakan ini diharapkan tumbuh budaya peduli dan malu apabila alat produksi, sarana dan prarasana serta pelaksana atau petugasnya tidak memberikan kontribusi terbaiknya dalam pelayanan di Bandara. Sejalan dengan program campaign yang sudah dilakukan sebelumnya yaitu Saya Bangga Melayani di Bandara Angkasa Pura II.

"Semoga segala upaya yang terus kita lakukan dalam membawa kemajuan untuk Angkasa Pura II selalu mendapat rahmat serta barokah dari Allah SWT. Pelihara persatuan, Menangkan persaingan. Jayalah Indonesia, Jayalah Angkasa Pura II," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: