Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Awarding Night: Social Business Innovation 2013 & The Best 10 Green CEO 2013

Warta Ekonomi -

WE.CO.ID - Majalah WARTA EKONOMI pada malam ini, 21 Agustus, mengadakan Awarding Night: Social Business Innovation 2013 & The Best 10 Green CEO 2013 bertempat di Hotel JW Marriot Jakarta. Sebagai majalah bisnis dan ekonomi, Warta Ekonomi memiliki misi membangun dan memberdayakan lingkungan untuk mendukung kegiatan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia. Oleh karena itu Majalah Warta Ekonomi memberikan apresiasi terhadap perusahaan yang berhasil mengimplementasikan program Social and Green Innovation dalam mengembangkan bisnis serta komunitas bisnisnya.

Berikut ini adalah daftar perusahaan-perusahaan penerima penghargaan Social Business Innovation 2013 (berdasarkan abjad): PT. Adaro Indonesia, PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Bukit Asam Tbk., PT. Holcim Indonesia Tbk., PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., PT. Medco E&P Indonesia, PT. Pertamina, PT. Semen Indonesia Tbk., PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., PT. Unilever Indonesia Tbk., PT. Astra International Tbk., PT. Bank Danamon Indonesia Tbk., PT. Bank Negara Indonesia Tbk., PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., PT. Indosat Tbk., PT. Kalbe Farma  Tbk., PT. Kaltim Prima Coal, PT. Pertamina Geothermal Energy, PT. Perusahaan Gas Negara, PT. Phapros Tbk., PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk., PT. TIMAH  Tbk., dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Selanjutnya, daftar perusahaan-perusahaan penerima penghargaan The Best 10 Green CEO 2013 (berdasarkan abjad): PT. Adaro Indonesia, PT. Aneka Tambang Tbk., PT. Bukit Asam Tbk., PT. Holcim Indonesia Tbk., PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., PT. Medco E&P Indonesia, PT. Pertamina, PT. Semen Indonesia Tbk., PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., dan PT. Unilever Indonesia Tbk.

Adapun penghargaan untuk Special Achievement  adalah sebagai berikut:

Special Achievement

  1. Rachmat Gobel – Special Achievement for Extraordinary Leadership and Personal Commitment to Energy Saving and Industry.
  2. Arifin Panigoro – Special Achievement for Extraordinary Vision to Renewable Energy Solution for Sustainable Environment.
  3. Sinarmas Lad – Special Achievement for Green Building Initiative and Environmental Contribution.
  4. Aqua Danone – Special Achievement for Corporate Commitment to Sustainable Environment and Water Resources.
  5. PT Indo Tambangraya Megah – Special Achievement for Community Development Recovery Initiative.

Latar Belakang Pemberian Apresiasi

Pertumbuhan industri yang sangat pesat akan menimbulkan dampak positif maupun negatif. Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu dampak positif yang ditimbulkan, sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan dapat berupa perusakan lingkungan, eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Untuk meminimalis dampak negatif yang ditimbulkan sebagai akibat dari kegiatan perusahaan tersebut, perusahaan harus melakukan sebuah solusi untuk lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar melalui Social Innovation.

Sosial Innovation adalah sebuah bentuk inovasi yang diciptakan oleh perusahaan yang menunjukkan kepeduliannya untuk mengatasi semua permasalahan di lingkungan masyarakat. Kepedulian perusahaan diyakini memiliki peran dalam menurunkan angka kemiskinan, dari 16.58% penduduk miskin pada tahun 2007 menjadi 13.49% pada tahun 2011. Sehingga melalui Social Innovation yang dimiliki oleh perusahaan ini akan menjadikannya perusahaan yang berkelanjutan.

Sejalan dengan itu, isu sustainable (keberlanjutan) dalam bisnis telah menjadi isu yang tak kalah penting yang tertuju dari sekian banyak mata para eksekutif. UN Global Compact dan Accenture yang melakukan riset kepada 766 CEO (chief executive officer) pada 2010. Riset tersebut diantaranya menampilkan sembilan puluh tiga persen (93%) CEO mengatakan bahwa isu keberlanjutan (sustainability) penting bagi kesuksesan masa depan perusahaannya.

Namun, guna menjadi perusahaan hijau dan menerapkan sustainability bisnis dalam sebuah perusahaan bukan perkara mudah. Perhatian perusahaan terhadap aspek lingkungan menjadi modal pertama dan terpenting. Dalam Hal ini visi, misi dan strategi CEO adalah ujung tombaknya.

Redaksi Warta Ekonomi

Foto: Dok WE

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fadjar Adrianto
Editor: Fadjar Adrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: