Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLTB Terbesar di Indonesia Rampung Akhir 2017

PLTB Terbesar di Indonesia Rampung Akhir 2017 Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Makassar -
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengungkapkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap diproyeksikan sudah rampung pada akhir 2017. PLTB pertama dan terbesar di Indonesia itu diyakini membuat investasi di Sulsel semakin menggeliat karena ditunjang cadangan daya listrik yang melimpah.
"Kami sudah memantau dan Insya Allah sudah bisa beroperasi Desember 2017," kata Gubernur Syahrul, seusai melakukan kunjungan kerja ke lokasi PLTB Sidrap yang terletak di Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Rabu, (13/9/2017).
Pemantauan perkembangan proyek PLTB Sidrap dilakukan Gubernur Syahrul bersama Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Syamsul Huda dan Bupati Sidrap, Rusdi Masse. Mereka mengecek pembangunan megaproyek berkapasitas 75 megawatt yang diproyeksikan melistriki 70.000 pelanggan dengan daya listrik rata-rata 900 VA. Total akan terpasang 30 tiang di PLTB tersebut.
PLTB Sidrap sendiri merupakan pembangkit tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar. Nantinya listrik yang dihasilkan seharga USD 0,11 per kWh. Kehadiran PLTB Sidrap memperkuat sistem kelistrikan Sulsel sehingga daya cadangan provinsi ini bisa mencapai 500 megawatt pada 2018.
Gubernur Syahrul mengimbuhkan pihaknya bangga lantaran 70 persen pengerjaan proyek PLTB itu merupakan buatan anak bangsa. Diharapkannya pula agar kehadiran PLTB Sidrap dapat mendongkrak perekonomian Sulsel. "Ke depannya perkembangan akan bergeser ke Indonesia Timur dari segala sektor dan kebutuhan utama mereka adalah listrik dan air. Mari kita bangun peradaban baru di Indonesia Timur," tuturnya.
Sementara itu, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Syamsul Huda, menyampaikan optimismenya terhadap proyek PLTB Sidrap dalam menunjang sistem kelistrikan Sulsel. ?Kini ketersediaan listrik di Sulawesi Selatan sudah melimpah dengan hadirnya PLTB Sidrap, maka dari itu jangan ragu berinvestasi di Sulsel karena PLN siap menyediakan pasokan listrik yang handal," ujar dia.
Kondisi kelistrikan PLN Wilayah Sulselrabar saat ini sangat berlimpah dengan daya mampu 1.250 megawatt dan beban puncak mencapai 1.050 megawatt. Dengan demikian PLN masih memiliki cadangan daya 200 megawatt yang dapat memasok ke pelanggan. Untuk itu, Syamsul mengajak investor agar jangan ragu berinvestasi di Sulsel karena listrik surplus dan jaringan semakin andal.?

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: