Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Harus Memahami dan Memiliki Brand

UMKM Harus Memahami dan Memiliki Brand Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian lndonesia, pertumbuhannya meningkat cukup signifikan setiap tahunnya. Selain mendorong perekonomian, UMKM juga menyerap banyak tenaga kerja, sehingga mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Tingginya kreatifitas masyarakat Indonesia dalam membangun UMKM juga terlihat dari jenis produk UMKM yang beragam, mulai dari pakaian, makanan, cinderamata khas daerah, tekstil, keramik, dan lain sebagainya. Namun menurut Iim Rusyami, Co-Founder Krafie.com & Founder Komunitas Tangan Di Atas (TDA) mengatakan bahwa para pelaku usaha harus mampu memahami brand.

Menurutnya, brand merupakan tentang bagaimana membangun loyalitas di kalangan konsumen tentang produk dari UKM tersebut, bisa dibeli terus menerus, produk memberikan pengalaman unik dan mendukung mimpi-mimpi serta emosi.

"Jadi bila ada yang ketergantungan dengan merk itu, maka dia layak disebut sudah memiliki brand," kata Iim dalam acara Seminar bertema Sukses Kembangkan Wirausaha Kevil Menengah di Era Digital, Rabu (13/9/2017), di Jakarta.

Ia juga menambahkan bahwa produk berkualitas dengan harga terjangkau seringkali bukan lagi menjadi faktor yang menentukan sebuah produk berhasil memiliki brand.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: