Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kiat Sukses Raih Omzet Puluhan Juta Ala Nusasari

Kiat Sukses Raih Omzet Puluhan Juta Ala Nusasari Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pengembangan bisnis perlu startegi tertentu agar meraih omzet yang maksimal. Adalah?Dianie Hadyatie yang menjalankan bisnis peyek sejenis makanan olaharan ringan yang kini telah sukses meraup omzet Rp30 juta setiap bulan.

Dian sapaan?Dianie Hadyatie ini dengan sederhana menerapkan startegi bisnisnya dengan melakukan berbagai langkah agar mendapatkan pelanggan yang loyal.

Menurut Dian, pertama yang paling utama dalam menjalankan usaha yaitu dengan bermodal kejujuran?dalam segala hal misalnya saling kepercayaan antara produsen dengan konsumen akan produk yang dipasarkan.

Dalam hal ini produk harus sesuai dengan yang sudah di standarkan juga mengenai perjanjian jual beli yang disepakati. Dari segi kualitas produk juga harus diperhatikan dengan?mempertahankan rasa dan kwalitas jangan sampai berubah karena persaingan dari produk yg sejenis sekarang semakin banyak.

?Alhamdulillah pelanggan tetap setia dan bertahan dengan produk Nusasari.?Selama ini saya juga selain menjual produk sendiri, juga menampung produk lain jadi saya harus menjaga kepercayaan itu,? katanya ketika berbincang dengan Warta Ekonomi di Bandung, Minggu (17/9/2017).

Kedua, selain mengandalkan kejujuran juga ramah terhadap pembeli atau pelanggan artinya mau mendengar kemauan maupun keluhan atau komplen pelanggan. Bahkan keluhan pelanggan itu bisa dijadikan bahan evaluasi guna menciptakan produk yang baru.

?Kita harus mau mendengarkan komplen dari pembeli, jangan hanya mendengarkan pesanannya. Nah, dari komplen pembeli ini kan bisa dijadikan inspirasi baru bikin produk baru lagi,? paparnya.

Ketiga, ketatnya persaingan di bisnis jangan menjadikan kita mundur dari usaha yang dijalankan. Inovasi produk dan service kepala pembeli menjadi solusi menghadapi persaingan bisnis tersebut. Inovasi produk yang dilakukan Nusasari misalnya dengan mengubah rasa, bentuk maupun harga agar mampu bersaing di pasaran. Termasuk memasarkan produk dengan menggunakan jejaring sosial yang kini marak diterapkan oleh para pelaku UKM.

?Yang penting juga inovasi produk karena sekarang ini persaingan produk baik dari bentuk rasa ataupun harga membuat kita harus berpikir terus bagaimana caranya menjaga agar produk kita tetap bisa diterima oleh konsumen. Pemasaran pun harus inovasi pakai media sosial,? jelas Dian.

Bahkan bisa jadi memberikan pelayanan lebih kepada pembeli yang memesan, misalnya dengan memberikan fasilitas gratis ongkos kirim bagi pembeli. Selain fasilitas itu, satu hal yang perlu diperhatikan yaitu ketepatan waktu dalam pengiriman produk kepada pembeli.

?Salah satu trik agar pelanggan tetap membeli produk kita yaitu mengenai ongkir kadang untuk luar Bandung, kalau saya keluar kota lagi kirim barang?terus satu arah saya gratiskan ongkirnya. Selain itu, harus tepat waktu pengirimannya, Jangan mengecewakan pelanggan,? ujar Dian

Keempat, jangan membedakan antara pelanggan loyal dan yang baru, karena sebagai pelanggan yang baru jika diperhatikan pelayanannya secara baik maka mereka akan menjadi pelanggan yang loyal. ?

?Kalo saya sama memberlakukan pelanggan lama sama yang baru?karena nantinya yang baru juga akan loyal kalau pelayanan kita baik,? pungkasnya?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: