Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri Rini Minta Skytrain-Kereta Bandara Rampung Sebelum Tahun Baru 2018

Menteri Rini Minta Skytrain-Kereta Bandara Rampung Sebelum Tahun Baru 2018 Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Magelang -

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan kereta tanpa awak atau "automated people mover system" (APMS) yang disebut Skytrain dengan kereta bandara dapat terintegrasi sebelum akhir tahun 2017.

"Skytrain sudah mulai beroperasi di Bandara Soekarno Hatta meskipun masih terbatas. Namun, kami berharap sebelum akhir tahun ini Skytrain dan Commuter Line Jabodetabek sudah terkoneksi," kata Rini usai mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PT Telkom Indonesia (Persero) di Desa Tuksongo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9/2017).

Menurut Rini, saat ini AMPS yang juga disebut Skytrain baru beroperasi menghubungkan Terminal 3 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ia menjelaskan, penyempurnaan layanan Skytrain terus dilakukan sehingga nantinya menghubungkan Terminal 1, 2 dan 3, bahkan termasuk Termimal 4 yang masih dalam tahap pembangunan.

Sekarang, penumpang Garuda Indonesia yang datang Singapura turun di terminal 2, kemudian jika ingin melanjutkan penerbangan ke Banjarmasin harus naik bis bandara ke terminal 3.

Demikian juga penumpang Garuda Indonesia dari Solo ke Jakarta untuk melanjutkan penerbangan ke Filipina harus melalui terminal 2 menggunakan bis ke terminal 3.

"Dengan dibangunnya Skytrain pergerakan penumpang antarterminal bisa lebih cepat. Ditambah lagi jika terintegrasi dengan KRL Jabodetabek maka mobilisasi penumpang dari bandara dan menuju bandara bisa lebih cepat," ujarnya.

Meski begitu tambah Rini, kualitas layanan AMPS masih perlu ditingkatkan sesuai dengan "standard operation and procedure" (SOP). "Ini kan AMPS yang pertama kita miliki, jadi harus kita jamin tingkat kenyamanan dan keamanannya juga," tegas Rini.

Sekedar informasi, kereta bandara melewati rute sepanjang 1.700 meter. Kapasitas satu set Skytrain yang terdiri atas dua kereta sebanyak 176 orang.

Skytrain melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya pada pukul 07.00-09.00 WIB, 12.00-14.00 WIB, serta 17.00-19.00 WIB. (VF/Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: