SETARA Sebut Isu PKI Cuma Dalih Memecah-belah Bangsa

SETARA Sebut Isu PKI Cuma Dalih Memecah-belah Bangsa Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

Ketua Setara Institute Hendardi mendesak kepolisian untuk juga mencari aktor intelektual dalam penyerangan kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), tidak hanya menangkap aktor lapangan.

"Indikasi keterlibatan individu dan organisasi bisa ditelusuri dari berita-berita bohong selama ini diproduksi dan disebarluarkan," kata Hendardi dalam siaran pers diterima di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Hendardi mengatakan Polri tidak boleh berkompromi dengan kelompok-kelompok yang melakukan praktik persekusi dengan berdalih antikomunisme dan anti-PKI.?Menurut Hendardi, Polri seharusnya menyadari bahwa tindakan persekusi atas kelompok masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan ilmiah dan mempromosikan pengungkapan kebenaran dan keadilan atas peristiwa 1965 merupakan gerakan yang terencana.

"Tujuan politis untuk menciptakan instabilitas politik dan keamanan. Secara 'de jure' paham komunisme telah dilarang berkembang dan secara 'de facto' gerakan ini tidaklah nyata," katanya pula.

Karena itu, Hendardi menilai kebangkitan PKI adalah ilusi yang terus dikapitalisasi sebagai alat politik.

"Masyarakat harus sadar dan memahami bahwa isu kebangkitan PKI adalah cara untuk memecah belah warga dan hanya menguntungkan pihak-pihak yang menggerakkannya," katanya lagi. (Ant)

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini