Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimalkan Adanya RKB, TelkomGroup dorong UMKM Go Global

Optimalkan Adanya RKB, TelkomGroup dorong UMKM Go Global Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom lndonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) untuk meningkatkan wawasan dan daya saing para pelaku UKM di Indonesia, khususnya melalui pelatihan operasional pemasaran online dan listing penjualan produk di situs e-commerce Blanja.com.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di indonesia agar mampu menembus pasar global di era digital. Abdus Somad Arief selaku Direktur Wholesale dan intemasional Service Telkom? menjelaskan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bidang telekomunikasi digital, TelkomGroup berkomitmen mendukung penuh peningkatan kualitas UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Telkom terus mendukung digitalisasi UMKM di lndonesia melalui penyediaan infrastruktur lCT di seluruh RKB serta memberikan berbagai pelatihan kepada para pelaku UKM, khususnya pelatihan terkait pemasaran online," ucapnya di Indonesia Business Development Expo 2017 di Jakarta Convention Center, Kamis (21/9/2017).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa ASA mengatakan, Telkom juga terus mendorong dan membantu mendaftarkan produk-produk UMKM di situs e-commerce Blanja.com

Dalam setiap pengelolaan RKB BUMN, UMKM akan meialui 3 tahap mulai dari Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Go Modern dimulai dari bimbingan registrasi di situs www.rkb.id, standarisasi produk, serta pelatihan pengelolaan branding. Setelah itu, pelaku UMKM masuk ke tahap Go Digital untuk mendapatkan pelatihan implementasi apps digital, sosial media dan otomatisasi produk.

Dan tahapan terakhir adalah Go Online, di mana para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan mengenai pembuatan website, listing di situs e-commerce Blanja.com, serta pelatihan marketing dan motivasi tentang bagaimana tumbuh dan menginspirasi UMKM lainnya.

Hingga saat ini, terdapat total 441.514 UMKM RKB BUMN, dlmana 434.081 UMKM di antaranya telah Go Modern, 7.433 UMKM diantaranya telah Go Digitai, dan 6.032 UMKM telah Go Online.

ASA mengatakan, Pendirian dan pengelolaan RKB oleh BUMN merupakan salah satu wujud sinergi BUMN untuk menggali potensi UMKM Indonesia sebagai salah satu penggerak perekonomian nasional. Melalui RKB, diharapkan para pelaku UMKM di indonesia dapat semakin berkualitas serta memiliki akses di kancah global.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: