Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017

Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017 Kredit Foto: Thenewyorker.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penulis novel?"Remains of the Day" Kazuo Ishiguro meraih hadiah Nobel Sastra. Keputusan itu berdasarkan hasil rapat Akademi Swedia di Stockholm pada Kamis. Kazuo merupakan penulis yang lahir di Jepang dan dibesarkan di Inggris, Ishiguro, 62, sebelumnya juga telah?memenangi Man Booker Prize 1989.

"Dia adalah seorang novelis yang luar biasa, saya akan mengatakan dia adalah Jane Austen dan Franz Kafka sekaligus. Anda akan mendapatkan Ishiguro secara singkat," ujar sekretaris permanen Akademi Swedia Sara Danius.

Penghargaan berhadiah 9 juta Krona Swedia atau 1,1 juta dolar tersebut menandai kembalinya interpretasi literatur ke jalur utamanya setelah hadiah tersebut diberikan kepada Bob Dylan, yang dianggap para kritikus melecehkan para penulis yang seharusnya lebih pantas dihormati.?Akademi Swedia memuji kemampuan Ishiguro yang mengungkapkan jurang di bawah ilusi hubungan manusia dengan dunia dalam novel-novel berkekuatan emosional yang hebat, menyentuh ingatan, waktu serta khayalan pada diri.

Selain menjadi penulis, Ishiguro juga telah terjun ke dunia politik, menyerukan akan peningkatan permusuhan terhadap imigran setelah Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa sebagai "pertarungan atas jiwa Inggris". (ant/FH)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: