Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menyatukan Potensi Kopi Lokal melalui SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017

Menyatukan Potensi Kopi Lokal melalui SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017 Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Komoditas kopi di Indonesia dinilai tumbuh dengan pesat dan potensial. Untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi Nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM kembali menyelenggarakan event promosi bertajuk SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017-Drink Coffee Wear Batik di Exhibition Hall, Gedung SME Tower SMESCO Indonesia, Rabu (11/10/2017). Event yang rencananya akan digelar hingga Jumat (13/10/2017) tersebut turut dihadiri dan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga.

Dalam event tersebut, Puspayoga mencoba salah satu mesin roasting kopi kualitas ekspor dan mengunjungi 30 gerai kopi binaan TNI-AD. Ia juga mengakui pesatnya pertumbuhan industri kopi di Indonesia yang dinilai cukup potensial. "Ini adalah prestasi luar biasa di industri kopi. Baik kopi maupun mesin roasted yang sudah bisa ekspor. Ini merupakan sesuatu yang riil. Maka tinggal ditingkatkan saja. Para pelaku industri kopi tersebut hanya tinggal meningkatkan," himbau Puspayoga.?

Sementara itu, Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi menuturkan bahwa tahun lalu pihaknya juga sukses menggelar acara serupa. "Kini, kami akan mengemas acara itu lebih berkualitas dan bervariatif dengan mengenalkan wawasan tentang ragam kopi lokal di Indonesia," ujar Emilia.

Event ini, lanjutnya, juga sekaligus sebagai suatu upaya untuk menyatukan potensi yang ada dari komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebagai pelaksana teknis dari Kementerian Koperasi dan UKM, SMESCO Indonesia bermaksud memberikan ruang gerak yang leluasa kepada para pelaku KUKM dengan potensi yang dimiliki untuk mempromosikan hasil kreativitasnya kepada masyarakat luas.?

"Dengan demikian, para pelaku UKM di bidang kopi dapat berkumpul dan saling bersinergi dalam rangka mem-branding produk kopi unggulan dari masing-masing daerah," ujarnya.?

Emilia berharap melalui event ini masyarakat, pebisnis, dan pencinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. Mulai dari proses penanaman, panen dan pengolahan biji kopi, serta ciri khas rasa kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di lndonesia.

"Melalui kegiatan SMESCO Rembug Kopi Nusantara ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas sehingga bagi para pengusaha skala mikro kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini," tuturnya.?

Nantinya, dalam tiga hari pelaksanaan event tersebut juga akan dibagikan minuman kopi secara gratis, aneka lomba kopi seperti lomba roasting kopi, coffee cupping competition, serta public cupping yang akan dinilai oleh certified Q-grader. Kemudian, pada hari kedua akan digelar brewing fun throwdown "Ngulik Robusta Fine". Selain itu juga akan ada Pemilihan Duta Kopi dan lomba busana batik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: