Portal Berita Ekonomi Sabtu, 21 Oktober 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • 22:51 WIB. Politik - Sandiaga janji akan temui Ahok di Mako Brimob.
  • 22:50 WIB. Jakarta - PDIP: Tak perlu ada paripurna untuk Anies-Sandi.
  • 22:50 WIB. Jakarta - PBNU doakan Anies bisa majukan ibu kota.
  • 22:49 WIB. Politik - Prabowo sebut nilai Demokrasi di Indonesia dalam titik rawan.
  • 22:48 WIB. Pilgub Jatim - PAN belum ambil keputusan soal Pilgub Jatim.
  • 21:47 WIB. LPDB - LPBD mendorong pelaku usaha di sektor riil untuk memanfaatkan pinjaman lunak dengan bunga 4,5%.
  • 21:46 WIB. Pertamina - Pertamina MOR I mengajak mahasiswa di Medan untuk mempelajari sejarah dan potensi energi saat ini.
  • 21:45 WIB. Jasa Marga - Jasa Marga meminta perbankan memperbanyak mesin transaksi otomatis nontunai di lintasan tol.
  • 21:43 WIB. SML - Sinar Mas Land bekerja sama dengan Ikatan Aristek Indonesia mengadakan sayembara arsitektur.
  • 21:43 WIB. BUMD - Jaya Real Property mulai merambah wilayah Serpong, Tangerang Selatan.
  • 21:42 WIB. China - Pemerintah China akan menerbitkan peraturan untuk mengarahkan investasi swasta ke sektor yang berpotensi besar.
  • 21:41 WIB. China - Pemerintah China optimis dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi di tahun ini.
  • 21:40 WIB. Mazda - Eurokars Motor Indonesia mulai menjual mobil sport dua pintu MX-5 RF.
  • 21:15 WIB. Garut - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah memperhatikan industri batu akik di Garut.
  • 21:13 WIB. Jerman - Seorang pria melakukan penyerangan terhadap empat orang dengan sebilah pisau di Jerman.

Kisah Sukses 2 UKM Lokal yang Tumbuh dengan Instagram

Foto Berita Kisah Sukses 2 UKM Lokal yang Tumbuh dengan Instagram
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kemajuan teknologi dan informasi kini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk menjalankan bisnis berbasis digital. Anda dapat menghitung sendiri berapa banyak katalog yang Anda lihat dalam sehari di Instagram? Tentunya sangat banyak, terutama dengan kehadiran UKM lokal yang mulai eksis dan agresif dengan berbagai strategi dan taktik pemasaran.

Guna memberikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia, hari ini Instagram ingin memperkenalkan dua UKM lokal yang tumbuh bersama Instagram, yaitu Dulcet Patisserie dan Chic & Darling. Dikenal sebagai usaha kue lokal berbasis digital pertama di Jakarta, @dulcetpatisserie dirintis oleh dua orang kakak beradik bernama Karina Mecca dan Keshia Deisra. UKM ini memposisikan dirinya sebagai usaha kue yang mengedepankan artistik dan kelezatan untuk melengkapi setiap momen penting pelanggan. Dulcet Patisserie selalu mengunggah kue-kue cantik mereka melalui akun Instagram dan membuat cerita menarik di bagian caption-nya.

Sementara itu, @chicanddarling dirintis oleh seorang perempuan yang tengah beradaptasi sebagai seorang ibu, Kania Annisa Anggiani. Chic & Darling merancang, membuat, dan memproduksi barang-barang unik yang dapat melengkapi kenyamanan rumah pelanggan. Dikenal sebagai industri rumahan Indonesia, Chic & Darling mengusung kreativitas sebagai garda depannya.

Kedua UKM ini memiliki pengalaman unik dan perjalanan menuju kesuksesan bersama Instagram, yang akan diceritakan oleh Karina Mecca selaku Brand and Marketing Director Dulcet Pattiserie dan Kania Annisa, Pendiri Chic & Darling.

Dalam menjalankan usahanya, Karina Mecca dari Dulcet Patisserie mengaku bahwa mereka menggunakan iklan Instagram sebagai platform yang paling relevan untuk menjangkau pelanggan setia maupun calon pelanggannya. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan interaksi dan popularitas Dulcet Patrisserie di platform Instagram.

"Bisnis kami lahir dari Instagram dengan fanbase yang cukup kuat. Oleh karena itu, Instagram akan tetap menjadi pilihan utama kami dalam menjalankan dan mempromosikan bisnis. Dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan setelah bergabung dengan Instagram, pengikut kami meningkat secara drastis dan kami mendapatkan dukungan secara sukarela dari beberapa public figure," jelas Karina.

Kania dari Chic & Darling juga memiliki pendapat yang sama dalam hal ini. "Instagram merupakan platform yang paling mudah dan sederhana  bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis mereka, menemukan tujuan, dan berinteraksi dengan target pelanggan. Kami tidak dapat membayangkan platform lain yang akan memegang peranan penting sebesar itu dalam strategi pemasaran kami," tutur Kania. 

Menciptakan Konten yang Menjual

Konten merupakan hal yang utama. Jika berbicara mengenai Instagram, setiap hal kecil merupakan bagian dari konten yang harus diperhatikan, mulai dari foto, video, caption, hingga gambar yang bergerak. Konten yang baik akan mendorong terciptanya interaksi yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

Bagi Dulcet Patisserie dan Chic & Darling, update dan pengumuman secara berkala merupakan hal yang penting guna meningkatkan awareness pelanggan akan produk-produk mereka. Tentu saja, fokus utamanya adalah konten visual.

"Kami memutuskan untuk mem-posting foto kue dan informasi secara berkala. Foto yang diambil harus orisinil, dapat memenuhi ekspektasi pelanggan, dan berhubungan dengan mereka. Keahlian fotografi tidak selalu menjadi hal yang utama. Selain foto, caption juga memegang peranan penting untuk menceritakan latar belakang produk dengan sentuhan personal," jelas Karina tentang Dulcet Patisserie.

Sementara itu, Kania dari Chic & Darling menyampaikan, "Ketika Anda berbicara tentang Instagram, semua hal akan berpusat pada konten visual. Ketika Anda membuka Instagram, Anda akan mendapati diri Anda diterpa beragam insipirasi visual. Dengan kata lain, konten visual Anda harus kuat. Oleh karena itu, kami mencoba untuk konsisten dengan unggahan kami, mulai dari warna, pencahayaan hingga gaya foto."

Tidak ada peraturan dalam mengunggah foto di Instagram, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali, tergantung dari interaksi yang Anda inginkan untuk brand Anda. Temukan waktu terbaik saat pengikut Anda mengakses Instagram. Misalnya, di Jakarta orang cenderung membuka Instagram saat sedang terjebak kemacetan (dalam perjalanan menuju ke kantor atau pulang ke rumah).

Kompetisi UKM di Instagram memang sedang berkembang pesat, tetapi bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis. Anda harus terus berusaha mencari DNA brand Anda dan berani mencoba sesuatu yang baru. Brand harus tetap orisinal dan tidak sekadar ikut-ikutan.

Tag: Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Instagram

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,622.47 3,586.11
British Pound GBP 1.00 17,819.44 17,635.67
China Yuan CNY 1.00 2,055.47 2,034.89
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,585.00 13,449.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,652.00 10,542.67
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,741.38 1,723.90
Dolar Singapura SGD 1.00 9,998.53 9,896.98
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,058.83 15,892.68
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,215.77 3,181.31
Yen Jepang JPY 100.00 12,005.13 11,881.79

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5929.549 19.019 564
2 Agriculture 1754.087 -2.560 18
3 Mining 1527.878 5.182 45
4 Basic Industry and Chemicals 634.942 2.086 68
5 Miscellanous Industry 1351.937 10.222 43
6 Consumer Goods 2506.331 7.379 45
7 Cons., Property & Real Estate 504.424 4.833 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1160.979 7.471 59
9 Finance 1030.441 4.914 90
10 Trade & Service 913.092 -9.075 131
No Code Prev Close Change %
1 ZINC 462 575 113 24.46
2 AKSI 442 545 103 23.30
3 BACA 193 220 27 13.99
4 TRAM 135 152 17 12.59
5 WTON 575 635 60 10.43
6 NIPS 428 470 42 9.81
7 GPRA 143 157 14 9.79
8 BPFI 450 490 40 8.89
9 DSFI 119 129 10 8.40
10 BRAM 7,200 7,775 575 7.99
No Code Prev Close Change %
1 TRUS 195 127 -68 -34.87
2 HOME 272 214 -58 -21.32
3 TIFA 244 197 -47 -19.26
4 HDTX 478 390 -88 -18.41
5 BIRD 4,700 4,260 -440 -9.36
6 APII 254 234 -20 -7.87
7 MPPA 635 585 -50 -7.87
8 ADMG 224 208 -16 -7.14
9 BUVA 560 525 -35 -6.25
10 JGLE 133 125 -8 -6.02
No Code Prev Close Change %
1 HOME 272 214 -58 -21.32
2 TRAM 135 152 17 12.59
3 BUMI 204 212 8 3.92
4 TIFA 244 197 -47 -19.26
5 TLKM 4,210 4,270 60 1.43
6 PBRX 500 500 0 0.00
7 WIKA 1,810 1,900 90 4.97
8 BBCA 20,325 20,350 25 0.12
9 PGAS 1,660 1,680 20 1.20
10 SRIL 390 388 -2 -0.51