Pemprov Bali Distribusikan 150 Ribu Kartu Pengungsi Gunung Sinabung

Pemprov Bali Distribusikan 150 Ribu Kartu Pengungsi Gunung Sinabung Kredit Foto: Antara/Tibta Peranginangin

Pemerintah Provinsi Bali telah mendistribusikan sekitar 150 ribu dari 170 ribu kartu pengungsi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, yang disiapkan.

"Sedangkan sisanya masih sedang dalam pendataan karena banyak pengungsi yang masih tinggal dengan keluarga tersebar di beberapa kabupaten atau kota di Bali," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali Ketut Lihadnyana di Denpasar, Minggu.

Kartu tersebut, ucap dia, diperuntukkan bagi pengungsi dari 28 desa yang diprediksi terdampak erupsi Gunung Agung dengan radius 12 kilometer dari puncak kawah. Dengan adanya kartu itu, maka lebih mudah untuk mengontrol pengungsi.

"Kegunaan kartu pengungsi itu sangat banyak, yaitu untuk keperluan logistik, kesehatan hingga pendidikan bagi siswa pengungsi," ujar Lihadnyana saat berorasi pada Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) itu.

Di sisi lain, Lihadnyana menyoroti terkait tanggap darurat Bencana Gunung Agung, maka sebagian desa di Bali tidak bisa menggunakan dana desa dari pemerintah pusat dengan optimal. "Menghadapi hal tersebut, Pemprov Bali telah bersurat ke pemerintah pusat agar Bali mendapat pengecualian," ujarnya (ant)

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini