Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2019, PDAM Bakal Wujudkan Tirtawening Cooporate University

2019, PDAM Bakal Wujudkan Tirtawening Cooporate University Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung menargetkan pembangunan Tirtawening Cooporate University pada 2019 mendatang.?

Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi mengatakan selama ini belum ada sekolah khusus untuk PDAM terutama pengelolaan air di Indonesia. Pada umumnya hanya ada sekolah teknik lingkungan, kimia dan Industri.?

Selain itu, pendirian Tirtawening Cooporate University bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehinga bisa digunakan oleh pegawai PDAM lainnya. Mengingat perusahaan daerah air bersih tersebut berada di berbagai kota di Indonesia.

"Yang penting bahwa PDAM mempunyai mimpi memiliki universitas sendiri minimal untuk meningkatkan kapabilitas SDM? dan bisa digunakan oleh rekan-rekan PDAM yang lain sebagai tempat belajar mengajar," katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (26/10/2017).

Sonny mencontohkan sebelumnya sudah ada sekolah atau universitas yang merupakan bagian dari perusahaan BUMN seperti Nurtanio, Telkom University, Poltekpos dan yang lainnya. Sehingga lulusan dari kampus tersebut bisa bekerja di perusahaan BUMN yang membawahinya.

"Jadi dulu mah di Nurtanio ada sekolahnya seperti orang yang mau bekerja di IPTN sebelumnya mengenyam pendidikan di Nurtanio. Nah kenapa tidak di PDAM juga ke depannya akan seperti itu," ujar Sonny

Lebih jauh Sonny menambahkan pihaknya akan mendesain kurikulum di Tirtawening Cooporate University sehingga kebutuhan SDM seperti ahli mengolah air limbah dan air minum serta ahli IT bisa terpenuhi dari lulusan kampus tersebut.

"PDAM butuh kekhasan yaitu ahli mengolah air limbah, air minum dan ahli IT. Nah kita komunikasikan dan desain kurikulumnya," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: