Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

78 Perusahaan dan Instansi Pemerintahan Raih Penghargaan Top IT Telco 2017

78 Perusahaan dan Instansi Pemerintahan Raih Penghargaan Top IT Telco 2017 Kredit Foto: Antara/Audy Alwi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan implementasi TIK, Majalah Itech yang juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), tahun ini kembali menyelenggarakan penganugerahan TOP IT dan TELCO 2017 dengan mengangkat tema "Digital Business Transformation for Great Indonesia". Ajang penghargaan ini juga didukung oleh beberapa asosiasi TI TELCO, seperti ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ABDI (Asosiasi Big Data Indonesia), serta lembaga lainnya.?

"Bidang TIK ini terus mengalami perkembangan yang cepat sekali, baik aplikasi software bisnis, produk hardware, dan solusi lain berbasis IT dan TELCO. Terlebih dengan berkembangnya konsep smart, seperti smart city, smart office, dan konsep lain yang kian berkembang luas di era internet ini (internet of tings- IoT)," ungkap Ketua Penyelengara TOP IT dan TELCO 2017 M. Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Itech.?

Kegiatan TOP IT and TELCO 2017 yang tahun ini merupakan ajang penghargaan yang ke-4 kalinya, juga bertujuan mendorong kalangan bisnis, institusi pemerintah, BUMN, dan lembaga lain agar senantiasa peka dalam menyikapi tren perkembangan IT dan TELCO dengan melakukan updating (pemutakhiran), bahkan bisa lebih kreatif dalam mengembangkan inovasi dan solusi IT dan TELCO di setiap instansi untuk kemajuan perusahaan atau instansi yang tentunya akan berdampak luas bagi masyarakat, sekaligus bisa meningkatkan daya saing pembangunan nasional.

Di akhir sesi wawancara penjurian, dewan juri memberikan feedback atau saran untuk perbaikan implementasi TI dan TELCO di masa yang akan datang kepada setiap finalis. Jadi, selain melakukan benchmark dengan perusahaan atau instansi lainnya, setiap peserta berkesempatan untuk mendapat masukan dari para dewan juri untuk terus melakukan improvement. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik peserta sehingga setiap tahun, jumlah perusahaan dan instansi pemerintahan yang mengikuti TOP IT dan TELCO terus meningkat.

Kemudian, dewan juri juga akan merumuskan sebuah rekomendasi tertulis TOP IT TELCO untuk pemerintah berdasarkan proses penilaian kuesioner dan hasil diskusi atau tanya jawab dalam wawancara penjurian ini. Hal ini menunjukkan bahwa ajang kegiatan ini tidak sekedar pemberian penghargaan semata, tetapi juga untuk memberi masukan kepada peserta dan pemerintah (Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri terkait), demi terwujudnya Indonesia yang lebih hebat, di era digital teknologi.?

Dari proses dan hasil wawancara penjurian, dewan juri menetapkan 53 perusahaan dan 25 instansi pemerintahan yang mendapatkan penghargaan TOP IT TELCO 2017. Kriteria utama dalam menentukan pemenang terdiri dari perusahaan atau instansi pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi TI dan Telco di perusahaannya, serta mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

Penghargaan diberikan per sektor bisnis, mengingat kompleksitas masing-masing sektor usaha berbeda-beda.?

Sektor bisnis yang dikompetisikan dalam TOP IT dan TELCO 2017 ini adalah setor usaha Bank, BPD, multifinance, asuransi, e-commerce, IT dan telekomunikasi, energi pertambangan, pelabuhan dan bandar udara, infrastruktur, transportasi, agro industri, PDAM, dan Hospitality. Sementara kategori untuk instansi pemerintahan terdiri dari Kementerian, Lembaga atau Badan, Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kota, dan Pemerintahan Kabupaten.

Dalam proses ini, dewan juri juga menetapkan kategori khusus, yaitu implementasi TI yang terkait dengan aspek lingkungan atau yang kita kenal dengan Go Green, kegiatan CSR perusahaan yang terkait dengan pengembangan IT di masyarakat, dan serta Implementasi IT yang mendorong penggunaan Open Source, serta IT yang memiliki dampak nasional.?

Selain itu, dewan juri juga menetapkan penghargaan untuk TOP Leader in IT Leadership 2017. Penghargaan TOP IT Leadership ini diberikan kepada CEO perusahaan dan Pimpinan Instansi Pemerintahan, yang memiliki komitmen dan dukungan yang tinggi terhadap keberhasilan implementasi sistem IT didalam perusahaan atau instansinya. Penilaian ini didasarkan pada pemahaman bahwa akan sangat sulit untuk mengimplementasikan dan memanfaatkan sistem IT di perusahaan dan instansi pemerintahan tanpa dukungan dan komitmen dari TOP Manajemen.?

"Dukungan dan komitmen pucuk pimpinan memiliki peran yang sangat strategis untuk mendukung keberhasilan implementasi dan pemanfaatan IT dan TELCO. Dalam kesempatan yang sama, dewan juri juga memberikan penghargaan kepada Direktur/Manajer TI sebagai pimpinan operasional IT dan TELCO, sebagai wujud apresiasi atas kerja kerasnya dalam mengkoordinasikan implementasi dan pemanfaatan IT dan TELCO di lingkungannya," ujar Lutfi.

Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pertanian, Kepala BASARNAS, Gubernur Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta beberapa Walikota, dan Bupati, menerima penghargaan TOP Leader in IT Leadership 2017 bidang instansi pemerintahan. Sementara beberapa CEO perusahaan besar juga memperoleh penghargaan TOP Leader in IT Leadership 2017 bidang korporasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: