Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo IV Sabet BUMN Performance Excellence Award 2017

Pelindo IV Sabet BUMN Performance Excellence Award 2017 Kredit Foto: Pelindo IV
Warta Ekonomi, Makassar -
Kementerian BUMN Republik Indonesia menganugerahi BUMN Performance Excellence Award 2017 kepada PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV untuk kategori BUMN Good Performance.
Penghargaan yang diserahkan pada acara Puncak Penganugerahan Penilaian Kinerja BUMN berbasis Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) ini, diterima oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo IV, Riman S. Duyo di Gedung Kantor Pusat PT BNI, Jakarta, Senin,?(6/11/2017).
Riman mengatakan Pelindo IV termasuk dalam 33 perusahaan BUMN yang menerima BUMN Performance Award untuk kategori perusahaan Good Performance tahun ini dengan skor yang diperoleh 476-575.
Total ada 51 perusahaan BUMN yang menerima BUMN Performance Excellence Award 2017 masing-masing dengan tiga ketegori. Rinciannya yakni kategori Good Performance, kategori Emerging Industry Leader dan kategori Industry Leader. ?
"Bagi Pelindo IV, penghargaan ini tidak membuat kami puas, tetapi justru menjadi motivasi untuk berkinerja lebih baik dalam pengelolaan perusahaan dan memberi manfaat yang besar kepada stakeholder dan masyarakat luas,? ujar Riman, dalam keterangan persnya, kepada Warta Ekonomi.
KPKU sendiri merupakan referensi dalam hal pengelolaan BUMN menuju pencapaian kinerja unggul. Di samping itu, KPKU juga sebagai alat melakukan self assessment dan pemberian feedback kepada masing-masing perusahaan milik negara.
Dalam penilaiannya, ada 7 fokus kriteria yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pelanggan, pengukuran, analisis dan manajemen pengetahuan, fokus pada tenaga kerja, fokus pada operasi dan kriteria hasil dengan total nilai yang bisa dicapai yaitu 1.000.
Dengan kata lain, KPKU merupakan salah satu strategi inisiatif Kementerian BUMN untuk menilai kinerja BUMN dan mendorong terwujudnya kinerja kelas dunia.
Adapun proses pada KPKU juga memiliki tiga peran penting yakni membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN baik finansial maupun nonfinansial; memfasilitas dan berbagai informasi mengenai praktik-praktik terbaik serta alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja serta untuk memandu perencanaan.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: