Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keyakinan Konsumen Alami Penurunan di Oktober 2017

Keyakinan Konsumen Alami Penurunan di Oktober 2017 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2017 mengindikasikan keyakinan konsumen mengalami penurunan. Meski begitu, keyakinan konsumen masih pada level yang optimis. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2017 sebesar 120,7, lebih rendah dari 123,8 pada September 2017.

"Lebih rendahnya IKK tersebut dipengaruhi oleh penurunan kedua komponen pembentuknya, baik Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) maupun Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK)," ujar BI di Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Sejalan dengan penurunan IKK, porsi pengeluaran konsumen untuk konsumsi mengalami penurunan dari 66,4% pada bulan sebelumnya menjadi 65,7% dan porsi pembayaran cicilan menurun dari 14,4% menjadi 14,1%. "Di sisi lain, porsi tabungan konsumen meningkat dari 19,2% menjadi 20,2%," ucap BI.

Hasil survei juga mengindikasikan perkiraan konsumen terhadap meningkatnya tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Januari 2018). Perkiraan naiknya tekanan harga ini terutama dipengaruhi oleh perkiraan terbatasnya pasokan bahan makanan seiring panen raya yang baru akan terjadi pada akhir triwulan I/2018.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: