Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kali Ini, SMESCO Perluas Pasar Hingga Timur Tengah

Kali Ini, SMESCO Perluas Pasar Hingga Timur Tengah Kredit Foto: LLP-KUKM
Warta Ekonomi, Jeddah -

SMESCO Indonesia gencar perluas akses pemasaran hingga ke luar negeri. Kali ini SMESCO Indonesia memboyong enam UKM binaannya dari kategori produk furniture dan home decor untuk mengikuti Decofair 2017 yand dimulai sejak, Senin (6/11) hingga Kamis (9/11) di Hilton Hotel Covention Jeddah, Arab Saudi.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi mengatakan, Para UKM mitra SMESCO yang mengikuti pameran tersebut, yakni Manggar Natural, Berkah Haramain, Asmoro Furniture, Jade Intetior, Suwastama, dan Hanung Craft.

??Saat ini, Arab Saudi adalah pasar yang paling menarik di Timur Tengah dengan populasi dan ekonomi terbesar (lebih dari 30 juta orang pada 2025) menjanjikan peluang yang besar untuk ekspansi bisnis dan pertumbuhan,?? ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Lanjutnya, Konsistensi SMESCO Indonesia dalam pameran Decofair 2017 akan memantapkan perluasan akses pasar dan jaringan pemasaran ke pasar international untuk memasok produk home decor dan furniture berkualitas yang saat ini tersebar 750 sentra UKM di 34 provinsi.?

??Ini kali kedua SMESCO ikut Decofair. Makanya, SMESCO harus terus ikut secara kontinu dalam kegiatan pameran bertaraf internasional tersebut, agar produk Indonesia semakin dikenal buyer asing,?? ujar Emilia.?

Selain itu, Emilia mengatakan tujuannya kali ini untuk memperluas akses pasar produk KUKM ke mancanegara, khususnya ke negara Timur Tengah dan pameran ini tidak hanya dihadiri oleh buyer potensial dari Timur Tengah, tapi juga dari negara-negara Eropa, seperti Italia, Portugal dan Spanyol.?

??Pihak LLP-KUKM saat ini sedang memfolow-up buyer untuk produk furniture, home decoration, dan kerajinan tangan motif batik,?? ujar Emilia.

Emilia menambahkan, sebagai lembaga pemerintah, kehadiran SMESCO Indonesia di pameran luar negeri adalah jalur yang tepat.

??Dengan begitu produk Indonesia tidak hanya menjadi juara di pasar dalam negeri, tapi mampu berkompetisi di pasar luar negeri. Kami akan terus mendorong UKM mitra LLP-KUKM untuk masuk ke pasar negara teluk,?? katanya.?

Emilia menargetkan transaksi potensial buyer diharapkan sebesar US1,7 juta dibanding tahun lalu sebesar US 1,5 juta. Nah, transaksi ritel lebih banyak diminati untuk produk home decor yang berbahan dasar kayu dan rotan.?

??Buyer potensial di hari pertama sebanyak 11. Berasal dari Jeddah dan negara-negara sekitarnya. Seperti Riyadh dan Yaman. Jadi, diharapkan dari event tersebut para UKM-UKM Indonesia menjadi lebih kreatif menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi dan dapat bersaing di pasar global,?? paparnya.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: