Portal Berita Ekonomi Sabtu, 16 Desember 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:53 WIB. New York - The dollar index against a basket of six major currencies rose 0.47 percent to 93.93 on Friday (15/12).
  • 06:52 WIB. New York - U.S. West Texas Intermediate (WTI) crude futures settled up 26 cents to $57.30 a barrel on Friday (15/12). WTI hit a two-year high of $59.05 on Nov. 24.
  • 06:51 WIB. London - Brent crude futures settled down 8 cents or 0.1 percent to $63.23 a barrel on Friday (15/12).
  • 06:50 WIB. New York - The tech-rich Nasdaq Composite Index jumped 80.06 points (1.17 per cent) to 6,936.58 on Friday (15/12).
  • 06:49 WIB. New York - The broad-based S&P 500 gained 23.80 points (0.90 per cent) to 2,675.81 on Friday (15/12).
  • 06:48 WIB. New York - All three major US indices finished at records, with the Dow Jones Industrial Average rising 143.08 points (0.58 per cent) to 24,651.74 on Friday (15/12).
  • 06:13 WIB. Ciputra - Ciputra Group menggandeng Surya Sakti Propertindo menggarap proyek apartemen mixed use di Surabaya pada 2017.
  • 06:12 WIB. TBLA - Tunas Baru Lampung menerbitkan surat utang jangka menengah senilai Rp411 miliar.
  • 06:11 WIB. MTF - Mandiri Tunas Finance akan menerbitkan obligasi hingga Rp1 triliun untuk menopang penyaluran pembiayaan pada 2018.
  • 06:08 WIB. BBKP - Bukopin meluncurkan produk inovasi anyar bernama Wokee untuk mudahkan nasabah dalam transaksi di merchant.
  • 06:06 WIB. Digital - Medico resmi merilis fitur baru yang langsung terintegrasi dengan aplikasi P-Care BPJS.

Memahami Kebutuhan Asuransi Generasi Milenial

Foto Berita Memahami Kebutuhan Asuransi Generasi Milenial
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Ary seorang karyawan swasta berusia 33 tahun belakangan merasa kesal karena telepon genggam miliknya sering ditelepon telemarketing perusahaan asuransi. Seperti biasa, sekitar pukul 10.00 WIB saat sedang sibuk dengan pekerjaannya handphonenya berdering.

“Selamat siang bapak, kami dari perusahaan asuransi ada produk yang mungkin bermanfaat bagi bapak, apakah saya bisa menjelaskan sekarang?” sapa seorang perempuan dengan suara lembut di dalam telepon.

“Oh, produk asuransi ya mbak, maaf ya mbak, saya lagi sibuk nih,” jawab Ary dan segera menutup telepon miliknya.

Begitu seringnya mendapatkan panggilan dari telemarketing yang menawarkan produk asuransi, Ary sudah familiar dengan beberapa suara penelepon, kalimat pembuka yang diucapkan, bahkan beberapa nomor telepon yang sering menghubunginya. Karena merasa teganggu, kadang Ary harus mematikan suara telepon genggamnya.

Tapi Ary bukanlah orang yang sama sekali tidak tertatik dengan produk asuransi. Untuk urusan asuransi dia lebih suka mencari tahu sendiri melalui internet untuk produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Karena itu dia memilih perusahaan asuransi yang memiliki website dengan informasi yang lengkap, halaman simulai, hingga dapat melakukan pengajuan hingga memantau status klaim melalui website.

Orang-orang yang memiliki kebiasaan seperti Ary banyak di luar sana, mereka adalah generasi Y atau lebih dikenal dengan kalangan milenial. Generasi dimana mereka hidup seiring dengan berkembangnya teknologi internet yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan informasi melalui kecanggihan internet.

Dari berbagai literatur generasi milenial adalah mereka yang berada di usia mulai 15 tahun hingga 34 tahun, mereka lahir antara tahun 1980-an hingga 2000-an. Di Indonesia golongan umur ini mencapai 78 juta jiwa, atau 34% dari total penduduk Indonesia tahun 2017 sebesar 260 juta jiwa. Untuk bidang bisnis apapun, termasuk bisnis asuransi, generasi ini harusnya menjadi kelompok konsumen yang paling menjadi perhatian.

Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Asuransi dan Dana Pensiun, Herris B.Simanjuntak menyebut kelangan milenial selain memiliki awareness yang tinggi terhadap informasi di internet juga lebih trusted society. Artinya golongan ini lebih suka mencari informasi di internet dan lebih percaya dibanding golongan lain yang lebih tua.

Dengan demikian, menurut Herris, untuk menyasar kalangan milenial tidak perlu lagi peran midle man atau orang ketiga yang selama ini menjadi perantara antara perusahaan dengan calon konsumen untuk menjelaskan tentang perusahaan dan produk asuransi. Sebab kalau penjelasan sudah dipahami oleh kalangan milenial ini, penjelasan dari perantara tidak perlu dilakukan lagi.

Layaknya membeli tiket transportasi saat ini orang tidak perlu lagi datang ke loket, tapi cukup melalui aplikasi. Begitu juga dengan produk asuransi, ketika masyarakat butuh, maka mereka akan datang untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak ragu untuk membelinya.

Maka yang harus dilakukan oleh perusahaan asuransi, lanjut Herris, adalah membuat perusahaan menjadi IT minded. Perusahaan harus menyiapkan teknologi digital agar dapat diakses melalui internet dengan cepat. Selain itu perusahaan asuransi juga dapat bekerja sama dengan perusahaan fintech sebagai perpanjangan tangan dari perusahaan untuk menyampaikan informasi produk dengan lebih mudah.

“Jangan sampai perusahaan terkaget-kaget nantinya, kalau tidak melakukan itu perusahaan akan ketinggalan,” ungkap Herris.

Namun revolusi digital untuk industri asuransi sepertinya sudah dilakukan oleh Asuransi Astra sejak tahun 2015 lalu. Semangat itu membawa perusahaan pada peluncuran Garda Oto Digital pada 10 Oktober 2017 lalu. Melalui gardaoto.com perusahaan memberikan kemudahan kepada calon customer untuk mendapatkan informasi lengkap, pembelian polis asuransi hingga urusan klaim.

Tidak hanya sebatas layanan digital, Garda Oto juga memberikan kemudahan dalam layanan offline seperti memilih lokasi klaim dan penjemputan kendaraan di lokasi yang diinginkan, seperti di rumah, kantor atau tempat lain. Bahkan Garda Oto juga memberikan layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dan customer tetap dapat memantau status perbaikan kendaraan setiap saat.

Di samping meluncurkan Garda Oto Digital, Asuransi Astra juga telah menyempurnakan dua aplikasi mobile yaitu Garda Mobile Otocare v3.0 dan Garda Mobile Medcare v2.0. Penyempurnaan tersebut terlihat dari perubahan utama pada fungsi yang dapat dinikmati pelanggan serta adanya fitur-fitur baru untuk nonpelanggan, khususnya komunitas. Penambahan fitur baru dalam Otocare v3.0 yaitu Friends, Meet Up, Claim Report, Claim Status, Emergency, dan Event untuk Garda Mobile Otocare. Sedangkan fitur-fitur baru dalam Medcare v2.0 yaitu Event, Friends, Meet Up, Challenge, Claim Status, dan Rating Provider.

Lusi Liesdiani, Senior VP Digital Channel Asuransi Astra, mengungkapkan era digitalisasi membuat layanan asuransi umum dapat lebih terintegrasi, menghemat waktu, serta memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Melalui inovasi yang dilakukan membuat pelanggan menjadi lebih terbantu dengan realisasi digitalized your peace of mind bagi pelanggan secara nyata.

Tag: Herris B. Simandjuntak, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Asuransi, Asuransi Astra, Garda Oto

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Vicky Fadil

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,637.41 3,601.05
British Pound GBP 1.00 18,337.60 18,152.07
China Yuan CNY 1.00 2,063.29 2,042.71
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,641.00 13,505.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,464.01 10,356.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,746.41 1,728.88
Dolar Singapura SGD 1.00 10,135.23 10,030.45
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,084.10 15,922.40
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,346.66 3,310.86
Yen Jepang JPY 100.00 12,163.17 12,038.69

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6119.419 5.766 567
2 Agriculture 1615.559 6.106 19
3 Mining 1564.401 1.285 43
4 Basic Industry and Chemicals 672.709 -3.081 69
5 Miscellanous Industry 1382.572 -1.885 43
6 Consumer Goods 2705.365 24.718 45
7 Cons., Property & Real Estate 486.014 3.440 66
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1145.607 -2.150 60
9 Finance 1081.116 -5.142 89
10 Trade & Service 906.333 3.449 133
No Code Prev Close Change %
1 DWGL 316 394 78 24.68
2 MARI 1,010 1,250 240 23.76
3 MDLN 300 370 70 23.33
4 MYOR 2,070 2,500 430 20.77
5 MFMI 650 770 120 18.46
6 CANI 250 294 44 17.60
7 JGLE 98 115 17 17.35
8 ITMA 565 660 95 16.81
9 RELI 374 426 52 13.90
10 SDMU 304 344 40 13.16
No Code Prev Close Change %
1 ASJT 595 515 -80 -13.45
2 KBLV 472 422 -50 -10.59
3 RODA 170 155 -15 -8.82
4 ARII 910 855 -55 -6.04
5 ALKA 334 314 -20 -5.99
6 GTBO 185 175 -10 -5.41
7 MTWI 149 141 -8 -5.37
8 IBST 8,550 8,100 -450 -5.26
9 BUMI 272 258 -14 -5.15
10 PORT 390 370 -20 -5.13
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 354 374 20 5.65
2 INKP 5,200 5,200 0 0.00
3 BUMI 272 258 -14 -5.15
4 AISA 480 492 12 2.50
5 BBRI 3,460 3,390 -70 -2.02
6 PBRX 498 520 22 4.42
7 BMTR 575 580 5 0.87
8 TLKM 4,250 4,230 -20 -0.47
9 DWGL 316 394 78 24.68
10 MNCN 1,280 1,295 15 1.17