Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ratusan Perusahaan Kontraktor Hadir di Indonesia Infrastructure Week 2017

Ratusan Perusahaan Kontraktor Hadir di Indonesia Infrastructure Week 2017 Kredit Foto: Bambang Ismoyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Event Indonesia Infrastructure Week (IIW) kembali digelar. IIW diselenggerakan dengan tujuan mendorong berbagai pihak seperti swasta untuk lebih berpartisipasi dalam usaha percepatan pembangunan infrastruktur.?

Pemerintah Indonesia saat ini menghadapi tantangan dengan maraknya pembangunan infrastruktur. Infrastruktur skala besar harus didukung dengan kesiapan industri konstruksi dan kesiapan rantai pasok konstruksi sumber daya konstruksi.?

Bertemakan "Era Baru Industri Konstruksi Indonesia", Konstruksi Indonesia 2017 yang beriringan dengan lahirnya Undang-Undang Jasa Konstruksi No. 2 Tahun 2017, hadir membawa harapan baru untuk mendukung percepatan pembangunan Infrastruktur.

Melalui Undang-Undang tersebut, sektor jasa konstruksi digiring ke arah baru yaitu penguatan stakeholder Jasa Konstruksi terutama rantai pasok Industri Konstruksi dan Usaha Penyediaan Bangunan.?

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili oleh Plt. Dirjen Bina Konstruksi Danis Sumadilaga bersama dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan Ketua KADIN Rosan Roeslani membuka kegiatan di Jakarta Convention Center, Rabu (8/11/2017).

"Kita menyadari sepenuhnya bahwa infrastruktur yang andal merupakan kunci utama dalam meningkatkan daya saing Indonesia. Oleh karena itu, segenap upaya akan kita curahkan terus-menerus dalam upaya membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan sekaligus mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang telah lebih maju infrastrukturnya," ucap Danis.?

Industri konstruksi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini berkembang pesat dengan berbagai program pembangunan infrastruktur. Rantai pasok perlu diperkuat untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Untuk mendukung hal tersebut, Undang-Undang Jasa Konstruksi No.2 tahun 2017 secara tegas menyebutkan pada pasal 17 ayat (1): Kegiatan usaha Jasa Konstruksi didukung dengan usaha rantai pasok sumber daya konstruksi.?

Konstruksi Indonesia 2017 sebagai ajang bertemunya stakeholders konstruksi, baik dari dalam maupun luar negeri dapat dimanfaatkan sebagai wadah yang tepat untuk mencari solusi sekaligus tempat berkoordinasi antara Pemerintah dan pelaku usaha dalam mendukung ketersediaan pasokan sumber daya konstruksi.

Peserta pameran yang berpartisipasi terdiri dari 222 stan yang berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Malaysia, Singapura, Iran, Korea, dan sebagainya. Konstruksi Indonesia 2017 dan The Big 5 Construct Indonesia 2017 dihelat bersamaan dengan Indonesia Infrastructure Week. Hal ini menjadikan ajang tersebut sebagai salah satu pameran dan konferensi konstruksi infrastruktur terbesar di tanah air.?

Konstruksi Indonesia 2017 dan The Big 5 Construct Indonesia 2017 dirancang sebagai jembatan bagi beragam elemen di sektor konstruksi, mulai dari pihak kontraktor swasta, pemerintah, BUMN, akademisi, dan masyarakat luas untuk berbisnis dan berdiskusi sekaligus mendorong perkembangan industri konstruksi yang potensial.?

Selain pameran, dilaksanakan pula berbagai workshop menarik. Salah satunya Workshop Konstruksi Indonesia 2017 dengan mengambil tema "Rantai Pasok Penerapan Sumber Daya Konstruksi dalam rangka Mendukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur" pada 9 November 2017 di Jakarta Convention Center.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: