Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

6000 Peserta Meriahkan BTN Tour de Borobudur 2017

6000 Peserta Meriahkan BTN Tour de Borobudur 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Magelang -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) ?kembali menggelar ajang tahunan BTN Tour de Borobudur (BTN TDB) mulai 11-12 November 2017 di Jawa Tengah.

Ajang ini memberikan tantangan bagi para penggemar olah raga ?menelusuri jalur Semarang ? Magelang sambil menikmati suasana alam ?yang asri dan kota-kota di Jawa Tengah yang unik.?Sensasi bersepeda sambil menikmati wisata alam atau kerap disebut sport tourism ini diikuti hampir 6.000 peserta termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"BTN ingin terus berkontribusi dalam ajang internasional ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap pariwisata di Jawa Tengah secara khusus, namun juga secara nasional karena acara ini mengharumkan nama bangsa,? kata Direktur Utama Bank BTN di Magelang, Minggu (12/11/2017).

Adapun Tour de Borobudur yang diselenggarakankali ini merupakan yang ke-XVII dan sudah menjadi agenda rutin tahunan yang diikuti oleh peserta dari dalam maupun luar negeri.

Acara olahraga yang dipadu dengan pariwisata terbukti menarik antusiasme dunia internasional dan memberi dampak bergulir ke ekonomi masyarakat yang akhirnya bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

Untuk itu perseroan menilai potensi wisata daerah di Indonesia masih perlu dikembangkan dan disosialisasikan ke berbagai belahan dunia.

"Tour The Borobudur bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menggelar ajang serupa dengan menonjolkan keunikan daerah masing-masing," katanya.

Dalam ajang BTN TDB ini, BTN juga berpartisipasi untuk melastarikan lingkungan dan menggerakkan ekonomi Jawa Tengah.

"Sebagai bank milik negara, kami tidak hanya menggenjot bisnis, tapi juga berpartisipasi membantu masyarakat dan lingkungan. Melalui ajang BTN Tour de Borodudur ini, Bank BTN tidak sekadar mengajak berolahraga dan berkompetisi sehat, tapi juga melakukan aksi sosial di berbagai bidang,? tutur Maryono.

Adapun, dari ajang BTN Tour de Borobudur XVII, ada beberapa aksi sosial yang dilakukan. Misalnya, untuk setiap 1 kilometer (km) yang ditempuh setiap peserta, akan disumbangkan dana senilai Rp1.000. Estimasi dana sosial yang bisa dirapu bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selain bantuan sosial, Bank BTN juga memberikan kontribusi untuk lingkungan hidup. Dalam pesta olahraga sepeda ini, Bank BTN menebar 10.000 benih ikan dan menanam 1.000 bibit pohon buah di kawasan waduk Jatibarang yang juga menjadi salah satu objek wisata Semarang tersebut.

"Besar harapan kami, bantuan ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat Jawa Tengah. Sehingga wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri benar-benar dirasakan masyarakat di sini,? ucap Maryono.

Dalam BTN Tour de Borodudur XVII, terdapat tiga kategori. Pertama, kategori 100K dengan jarak tempuh 100 kilo meter (km) yang akan diikuti 1.200 peserta. Kedua, kategori 200K dengan jarak tempuh 60 km dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang. Ketiga, kategori dengan jarak tempuh 30 km dengan 500 peserta dan terakhir.

Dalam kesempatan ini Bank BTN juga mengambil peran dalam event New Armada Open Road Race and Fun Bike 2017 yang mengambil rute Semarang- Magelang ?yang akan diikuti 4.000 orang. Adapun, perhelatan olahraga sepeda tahunan tersebut juga diikuti 200 atlit professional.

Sementara kategori rute yang akan dilalui para peserta BTN Tour de Borobudur XVII merupakan titik-titik pariwisata di Jawa Tengah. Para peserta akan melewati Waduk Serbaguna Jatibarang Semarang, Desa Limbangan, Rindam IV Diponegoro, Pendopo Kab. Temanggung, Balkondes Karanganyar Borobudur dan Candi Borobudur. Dari perhelatan ini juga akan membagikan berbagai hadiah mulai dari tabungan Bank BTN, handphone, televisi, kulkas, sepeda, motor, hingga satu unit rumah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: