Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Properti Residensial Tumbuh Melambat di Triwulan III 2017

Harga Properti Residensial Tumbuh Melambat di Triwulan III 2017 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) pada triwulan III/2017 mengindikasikan bahwa harga properti residensial di pasar primer tumbuh meskipun melambat jika dibandingkan triwulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan III/2017 yang tumbuh sebesar 0,50% (qtq), lebih rendah dibandingkan 1,18% (qtq) pada triwulan sebelumnya.

BI menyatakan kenaikan harga properti terjadi pada semua tipe rumah dengan kenaikan terbesar pada rumah tipe menengah. Berdasarkan wilayah, kenaikan tertinggi terjadi di Bandar Lampung.

"Secara tahunan, indeks harga properti juga tumbuh sebesar 3,32% (yoy), lebih tinggi dibandingkan 3,17% (yoy) pada triwulan sebelumnya," tulis BI dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Sementara itu, volume penjualan properti residensial juga mengalami peningkatan sebesar 2,58% (qtq) walaupun masih melambat jika dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 3,61% (qtq). "Hal tersebut sejalan dengan masih terbatasnya permintaan terhadap rumah hunian di samping faktor suku bunga KPR yang masih relatif tinggi," papar BI.

Sebagian besar pengembang (56,75%) menyatakan bahwa dana internal perusahaan masih menjadi sumber utama pembiayaan pembangunan properti residensial. Sementara sebanyak 76,42% konsumen menyatakan bahwa fasilitas KPR masih menjadi pilihan utama dalam melakukan transaksi pembelian properti residensial.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: