Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS Bakal Lakukan Sensus Penduduk 2020

BPS Bakal Lakukan Sensus Penduduk 2020 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) bakal menjadi penyelenggara sensus penduduk pada 2020 mendatang. Aksi ini merupakan kali ke-7 BPS melakukan sensus sejak 1961.?

Dalam prosesnya, BPS akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengombinasikan data sensus penduduk dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal itu dilakukan mengingat masih banyaknya kesalahan data penduduk di Indonesia.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan perbedaan konsep dan definisi penduduk yang digunakan oleh dua instansi ini menjadi salah satu sebab kenapa masih ada perbedaan. Alhasil, muncul kebingungan di masyarakat dan pengguna data.

"Melalui ini akan muncul data tunggal untuk membuat kebijakan," katanya usai Seminar Internasional di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Lebih lanjut dirinya mengatakan hasil sensus yang dilakukan oleh BPS nantinya akan dikombinasikan dengan data Kemendagri sehingga berujung pada data tunggal. Oleh karena itu, sensus ini menjadi penting lantaran data tunggal itu nantinya akan digunakan oleh pemerintah untuk menyinkronisasikan program kerjanya.

Dia menambahkan, hasil sensus penduduk pada 2010 menunjukkan jumlah penduduk Indonesia mencapai 237 juta jiwa dan hasil proyeksi sampai 2035 menyebutkan total penduduknya bakal bertambah menjadi 305 juta jiwa.

"Jumlah yang besar dengan segala tantangan yang akan kita hadapi maka perlu kita antisipasi sejak dini. Karena kebijakan di kependudukan salah satu kunci utama keberhasilan capaian pembangunan mulai level nasional, provinsi, dan kabupaten," kata Suhariyanto.

Dari masa ke masa, sensus penduduk ini digunakan untuk melihat sebagai potret terkini berikut masalah yang dihadapi bangsa ini. Data paling utama dari sensus penduduk yang diperoleh adalah vertilitas, mortalitas, dan migrasi yang tentunya sangat berguna dalam pengambilan kebijakan terutama dalam pengendalian jumlah penduduk, sarana dan fertilitas kesehatan, penyedia sarana pemukiman, sanitasi, dan pendidikan.

Saat ini, BPS juga melaksanakan seminar internasional mengenai persiapan sensus penduduk 2020. Acara ini bertujuan untuk mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak sebagai persiapan pelaksanaan sensus.

"BPS tidak bekerja sendiri. Kita perlu kerja sama ini laksanakan. Sensus penduduk bukan hanya tugas BPS, tapi tugas seluruh komponen bangsa. Ini langkah awal untuk kita bekerja bersama," tutup dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: