Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Coworking Indonesia Tumbuhkan Semangat Coworking Lewat Coworkfest 2017

Coworking Indonesia Tumbuhkan Semangat Coworking Lewat Coworkfest 2017 Kredit Foto: Coworking Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah menggelar temu coworking di Bandung pada 19-21 Mei lalu, Perkumpulan Coworking Indonesia kembali mengajak masyarakat untuk lebih mengenal lagi dengan dunia coworking space dengan menggelar Coworkfest 2017 pada 25 dan 26 November 2017. Coworkfest 2017 merupakan festival yang akan menghadirkan banyak kegiatan seperti panel diskusi, workshop, hiburan, dan aktivitas seru lainnya.

Coworking Indonesia berharap melalui kegiatan Coworkfest 2017, budaya coworking di Indonesia terus berkembang dan mendukung tumbuhnya komunitas di dalamnya. Selama ini masih banyak masyarakat yang masih awam dengan keberadaan coworking space. Pada praktiknya, coworking space tak hanya sekadar tempat persinggahan untuk bekerja, tetapi ada tiga hal penting yang ingin ditekankan yakni kolaborasi (collaboration), konektivitas (connectivity), dan komunitas (community).?

Coworking space memiliki peranan penting dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif Tanah Air di mata pemerintah dan korporasi karena nilai yang sebenarnya ditawarkan adalah kesempatan untuk berkolaborasi dan melakukan inovasi yang bertujuan untuk mendorong pergerakan ekonomi Indonesia. Dengan bergabungnya para penggiat coworking space dalam Coworking Indonesia, mereka menjadi memiliki wadah untuk menjalin kerja sama dan bergerak dengan kekuatan kolektif untuk memajukan gerakan coworking di Indonesia. Jika semangat ini ditularkan maka sektor ekonomi kreatif Indonesia dapat terus tumbuh berkembang.?

"Kewirausahaan dan bisnis kecil menengah adalah tulang punggung ekonomi suatu negara dan coworking adalah elemen penting dalam pembangunan ekosistem kewirausahaan. Visi Perkumpulan Coworking Indonesia adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui gerakan coworking," ujar? Presiden Perkumpulan Coworking Indonesia Faye Alund di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dalam kegiatan ini, Coworking Indonesia menggandeng Bank BRI yang turut fokus dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan eskosistem digital di Tanah Air. Bersama BRI, Coworking Indonesia turut menggelar rangkaian kegiatan pre-event bertajuk BRIng It On yang akan digelar di 12 coworking space pilihan yang tersebar di berbagai kota mulai 11 hingga 22 November.?

BRI akan memberikan bentuk dukungan nyata seperti akses permodalan untuk pengembangan dan juga membantu kendala-kendala dari bisnis kecil menengah salah satunya adalah izin usaha mikro kecil. Ditambah lagi dengan adanya kartu IUMK (kartu keanggotaan) yang dapat digunakan sebagai kartu debit dan tabungan. Banyak kemudahan-kemudahan lainnya yang akan di berikan juga oleh BRI seperti link dan networking antarnasabah maupun masyarakat dengan bank.

Ke-12 coworking space tersebut adalah Coworkinc (Jakarta), Code Margonda (Depok), Clapham (Medan), EV Hive (Tangerang), Kolaborato (Bogor), Kumpul (Denpasar), Ngalup (Malang), Impala Space (Semarang), C2O (Surabaya), RKB Yogyakarta (Yogyakarta), CO&CO (Bandung) dan Ke:Kini (Jakarta). Selama pre-event, setiap coworking space akan menghadirkan kegiatan diskusi dan pengenalan local hero di masing-masing kota.?

"Sebagian besar masyarakat di Indonesia mengenal coworking space?hanya sebagai tempat kerja. Melalui Coworkfest, harapannya masyarakat bisa lebih paham bahwa dalam coworking space?ada banyak kegiatan-kegiatan seru seperti workshop, sharing, talk show?sehingga kita bisa berkomunitas, berkolaborasi, dan saling terhubung satu sama lain," tutur inisiator Coworkfest 2017 sekaligus founder CO&CO Bandung Andi Saptari.

Jumlah coworking space di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh setiap tahunnya. Pertumbuhan coworking space terus menggeliat dan hingga saat ini tercatat ada lebih dari 160 titik yang tersebar di 27 kota di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Coworking Indonesia dan BRI akan terus bersinergi untuk terus mengenalkan budaya coworking space agar berkontribusi dalam pertumbuhan ekosistem ekonomi di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: