Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Makassar Sabet Smart City Award 2017

Makassar Sabet Smart City Award 2017 Kredit Foto: Pemprov Sulsel
Warta Ekonomi, Makassar -
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menobatkan Makassar sebagai salah satu kota peraih Smart City Award 2017. Makassar diganjar penghargaan itu lantaran dianggap sebagai pionir smart city secara nasional. Adapun kabar baik itu diumumkan pada acara malam penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2017 di Hotel Santika Premiere Jakarta, Rabu, (15/11).
Dalam sambutannya, Menteri Kominfo Republik Indonesia, Rudiantara, menyampaikan bahwa smart city bukan tentang kemampuan daerah membeli perangkat teknologi canggih. Tapi, lanjut dia, bagaimana sebuah kota mampu merubah cara berpikir dan juga cara melayani masyarakat. Sejumlah kota disebutnya telah berhasil melakukannya, termasuk Makassar, dalam melakukan inovasi di sejumlah layanan publik.
"Contohnya layanan kesehatan, dimana Makassar berhasil menciptakan pelayanan yang jauh lebih mudah diakses oleh warganya," ujar Menteri Rudiantara, dalam siaran persnya, Kamis, (16/11/2017).?
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Perbanas Institute, Prof Marsudi Wahyu Kisworo. Kota Makassar disebutnya berhasil membangun smart city dengan mempertahankan kearifan lokal. "Kultur Makassar berupa sombere tetap ditanamkan dalam setiap inovasi. Kolobarasi sombere dan smart city itu merupakan bentuk keberhasilan sang wali kota," ujarnya.?
Sebelumnya, melalui kerjasama Kementerian Kominfo RI dan Pemkot Makassar melalui Dinas Kominfo telah melakukan rangkaian bimbingan teknis penyusunan master plan smart city yang melibatkan hampir seluruh stakeholder. Mulai dari dewan smart city hingga pelaksana teknis smart city. Pihaknya juga melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah lingkup Makassar.?
Selain Makassar, sejumlah kabupaten/kota yang mendapat penghargaan serupa yakni Banyuwangi, Tomohon, Lombok Timur, Sukabumi, Badung, Samarinda, Bandung, Semarang, Tangerang, Sleman, Bekasi, Bogor, Cirebon, Pelalawan, Banyuasin, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Tangerang Selatan, Mimika, Kutai Kartanegara, Siak, dan Jambi.
Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, yang hadir menerima penghargaan tersebut menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh warga Makassar atas pencapaian bergengsi tersebut. "Ini kado istimewa untuk Kota Makassar yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 410. Selamat untuk seluruh warga Makassar, prestasi ini tentunya berkat kerja cerdas semua pihak tanpa terkecuali," ujar dia.?
Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Program itu bertujuan membimbing pemerintahan kota dan kabupaten dalam menyusun masterplan smart city agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: