Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sulawesi Targetkan 1 Juta Wisman di 2019

Sulawesi Targetkan 1 Juta Wisman di 2019 Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Gorontalo -

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dari Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengatakan bahwa daerah Sulawesi mendapat target 1 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019.

"Target kita 20 juta kunjungan wisman se Indonesia pada 2019 yang terbagi yaitu 40 persen di Bali dan sekitarnya, 30 persen di Jakarta, Kepulaun Riau 20 persen dan untuk Sulawesi target 2019 kebagian 1 juta wisman," katanya saat menyaksikan "Gorontalo Karnaval Karawo 2017", Sabtu.

Misalnya untuk Kota Manado, Sulawesi Utara dan Makasar, Sulawesi Selatan serta daerah lain di Sulawesi diharapkan mencapai angka tersebut.

"Untuk mencapai target 1 juta wisman, kita melihat capaian saat ini yaitu sekitar 500 ribu pengunjung, atau setengah dari target," ungkapnya.

Hal yang harus dilakukan yaitu promosi harus gencar, penataan destinasi yang ikonik serta harus diimbangi kapasitas sumber daya manusia.

"Kami berharap pulau Sulawesi secara paralel nanti akan ada promosi, penataan destinasi dan peningkatan SDM yang menunjang untuk datangnya wisatawan mancangara," pungkas dia.

Harapan tersebut menurut Dadang dapat tercapai jika semua pihak kompak dan bersinergi dalam hal kepariwisataan.

Sebelumnya jajaran pemerintah provinsi yang tergabung Badan Kerja sama Regional Sulawesi (BKPRS), bersepakat membangun konektivitas pariwisata di kawasan Sulawesi, dengan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang pada tahun 2019.

Dalam rapat koordinasi Pariwisata Regional Sulawesi yang digelar di Gorontalo, Sabtu, ada lima poin yang menjadi rekomendasi, yang selanjutnya diserahkan kepada Kementerian Pariwisata RI melalui Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Gito Adiputro Wiratno

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: