Portal Berita Ekonomi Sabtu, 21 Juli 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:40 WIB. PBB - Rusia-China minta PBB tunda sanksi minyak Korut.
  • 10:39 WIB. Malaysia - Ke Jakarta, Menlu Malaysia akan bertemu Presiden Jokowi.
  • 10:39 WIB. Korea Utara - AS dorong PBB beri sanksi pada Korut.
  • 10:38 WIB. Iran - Netanyahu: Israel akan terus serang militer Iran di Suriah.
  • 10:37 WIB. Israel - UU Negara Yahudi, Abbas: tidak ada perdamaian akan terwujud.
  • 10:37 WIB. Singapura - Singapura kebobolan, data kesehatan 1,5 juta warganya bocor.
  • 10:36 WIB. Suriah - Rusia ajak AS atur pemulangan pengungsi Suriah.
  • 10:35 WIB. Missouri - Perahu wisata terbalik di Missouri, 17 orang tewas.
  • 10:34 WIB. Jepang - PM Abe: impor mobil Jepang bukan ancaman keamanan AS.
  • 10:33 WIB. Gaza - Palestina desak intervensi dunia untuk akhiri eskalasi di Gaza.
  • 08:44 WIB. JSMR - Jasa Marga akan menerbitkan Reksa Dana Penyertaan Terbatas fase kedua senilai Rp1,55 triliun.
  • 07:12 WIB. MYRX - Hanson International menargetkan marketing sales sebesar Rp1,5 triliun pada 2018.
  • 07:11 WIB. MYRX - Hanson International mencatatkan marketing sales sebesar Rp920 miliar sampai akhir Mei 2018.
  • 06:52 WIB. CPO - Gapki mencatat harga rata-rata CPO sekitar US$653,6 per metrik ton sepanjang Mei 2018.
  • 06:51 WIB. Gapki - Gapki masih optimistis ekspor minyak sawit tidak akan menurun dibandingkan tahun lalu.

Smesco Indonesia Siapkan 'Lapak' untuk Best Seller Bukalapak

Foto Berita Smesco Indonesia Siapkan 'Lapak' untuk Best Seller Bukalapak
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Dirut LLP-KUKM/smesco INDONESIA Emilia Suhaimi mengatakan smesco Indonesia sediakan gerai best seller Bukalapak. Hal tersebut dilakukan karena bisnis secara online kian marak, Ia mengatakan kerja sama ini untuk memperkuat pemasaran melalui jaringan online atau e-commerce.

Lanjut Emilia, Para best seller Bukalapak tersebut nanti akan dikurasi dan hasil kurasi akan di-display di smesco INDONESIA, seperti di Rumah Desain atau Galeri Indonesia WOW.

’’Itu keinginan dari pak Menkop (AAGN Puspayoga). Ke depannya acara serupa bisa dihelat di outdoor kawasan SME Tower smesco INDONESIA, karena kami memiliki lahan yang luas dan strategis,’’ kata Emilia di sela-sela acara Kopdar Akbar 2017 Komunitas Bukalapak, di Jakarta, Sabtu (25/11/2017).

Menurut Emilia, smesco INDONESIA menjadi empowering untuk membantu membesarkan para pelapak, dan smesco mempunyai fasilitas itu semua. Toko online smesco INDONESIA, yakni www.smescotrade.com sudah nge-link dengan Bukalapak.

’’Diharapkan Bukalapak bisa offline di smesco INDONESIA. Sehingga masyarakat yang butuh produk best seller Bukalapak ya ada di smesco INDONESIA,’’ ujarnya.

Selain itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga berharap jumlah UKM di e-market Bukalapak bisa tembus 4 juta UKM pada 2019 mendatang. ’’Saya yakin akan hal itu karena memang perkembangan Bukalapak sangat pesat. Awal 2016 lalu, saya pernah bertanya jumlahnya UKM di Bukalapak, katanya baru sekitar 400-an UKM. Sekarang jumlahnya sudah mencapai 2 juta lebih. Jadi, kalau pada 2019 nanti bisa menembus jumlah 4 juta UKM, bukan sesuatu yang sulit,’’ kata Puspayoga.

Menurut Puspayoga, pelaku UKM memang harus terus diberdayakan karena sangat penting bagi perekonomian nasional. ’’Saya mengapresiasi pertumbuhan Bukalapak. Dan memang pola pemasaran online atau e-market seperti ini yang paling pas dan cocok dengan kondisi masyarakat sekarang,’’ tandasnya.

Di tempat yang sama, CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan bahwa Bukalapak bukan sekadar e-commerceCompany. Lebih dari itu, Bukalapak memiliki misi agar pelaku UKM di Indonesia bisa tumbuh menjadi usaha besar. ’’UKM harus didukung untuk menjadi besar. Di komunitas Bukalapak ini, kita belajar bersama dan maju bersama,’’ kata Zaky.

Zaky pun yakin dalam lima tahun ke depan bisnis UKM, khususnya yang ada di pasar Bukalapak akan tumbuh. ’’Di komunitas ini kita harus saling kenal dan saling dukung. Sebab, peluang pasar e-commerce di Indonesia semakin tumbuh membesar. Kita harus mampu memanfaatkan peluang emas tersebut,’’ papar Zaky.

Tag: Emilia Suhaimi, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), Achmad Zaky, Bukalapak, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM), Smesco Indonesia

Penulis/Editor: Vicky Fadil

Foto: LLP-KUKM

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 href="Download_Data/" />Download_Data/ - Mar
2 href="Market_Summary/" />Market_Summary/ - Dec
3 href="MockTestReportingDRC/" />MockTestReportingDRC/ - Jun
4 href="PSPNDC/" />PSPNDC/ - Mar
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10