Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, Realisasi Investasi BUMN Diprediksi 'Memble'

2018, Realisasi Investasi BUMN Diprediksi 'Memble' Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Realisasi investasi?badan usaha milik negara (BUMN) diperkirakan tidak akan terlalu ekspansif pada tahun 2018 mendatang.

Direktur CORE Mohammad Faisal mengatakan BUMN Karya yang banyak mendapatkan proyek pengerjaan infrastruktur menghadapi kendala dari sisi keuangan. Ia mengatakan BUMN akan melakukan penambahan pinjaman lewat perbankan ataupun penambahan modal baik melalui PNM, penerbitan obligasi, privatisasi, ataupun penjualan aset apabil dipaksakan untuk melakukan ekspansi.

"Rata-rata debt to equity perusahaan-perusahaan tersebut sudah cukup tinggi sehingga sangat sulit untuk melakukan pembiayaan melalui utang,"?katanya di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Mohammad Faisal menjelaskan kondisi serupa juga terjadi pada pihak swasta yang masih memiliki keterbatasan untuk melakukan investasi. Padahal, lingkungan bisnis yang semakin baik terutama melalui reformasi regulasi investasi yang telah menaikkan daya saing investasi Indonesia.

"Namun demikian, kejelasan kewenangan serta integrasi dan konsistensi kebijakan terkait investasi baik secara vertikal maupun horisontal masih menjadi hambatan besar bagi investor swasta untuk merealisasikan investasinya," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: