Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Humpuss Siapkan Capex Rp1,1 Triliun di 2018

Humpuss Siapkan Capex Rp1,1 Triliun di 2018 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) tampaknya bakal agresif dalam menjalankan roda bisnisnya di tahun 2018 mendatang. Untuk mendukung hal tersebut, perseroan menyiapkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar USD85 juta atau sekitar Rp1,1 triliun.

Direktur Utama Humpuss Intermoda Transportasi Theo Lekatompessy mengatakan perseroan akan mengandalkan sumber pendanaan yang berasal dari pinjaman perbankan dan juga ekuitas perusahaan. Rencananya, sekitar 70% hingga 80% dari total belanja modal akan didapatkan dari pinjaman perbankan, sedangkan 20% hingga 30% tersisa akan dihasilkan dari kas internal perusahaan.

"Dana itu akan digunakan untuk penambahan armada kapal dan juga penyertaan modal di perusahaan patungan,? katanya di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Lebih lanjut dirinya mengatakan perseroan akan menambah 4 unit kapal yang terdiri dari kapal pengangkut gas, kapal tanker, dan kapal keruk. Untuk pembelian kapal angkut, HITS menyiapkan dana sekitar USD40 juta, sedangkan untuk pembelian kapal tanker nilainya berkisar di angka USD15 juta dan untuk kapal keruk akan menghabiskan dana sekitar USD10 juta.

Di samping itu, perseroan juga akan melakukan penyetoran modal ke dalam konsorsium pembangunan floating storage regasification units (FSRU). Theo menambahkan setoran modalnya mencapai USD10 juta dari total nilai proyek yang mencapai USD283 juta.

Dengan setoran modal tersebut, HITS nantinya bakal menggenggam 25% saham di proyek tersebut. Selain perseroan, PT Pertamina juga tergabung dalam konsorsium tersebut dengan porsi kepemilikan saham 26%, kemudian Marubeni sebesar 20%, Exmar 19%, dan Sojitz yang mengemput 10% kepemilikan saham.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: