Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja Telemarketing AXA Mandiri Melonjak Tajam

Kinerja Telemarketing AXA Mandiri Melonjak Tajam Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kinerja kanal distribusi alternatif telemarketing PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) melonjak tajam tahun ini. Hal itu karena sejumlah strategi diterapkan sepanjang 2017.

"Kami optimistis hingga akhir tahun ini produksi telemarketing bisa mencapai Rp700 miliar, naik dari tahun lalu sebesar Rp575 miliar," ujar Director of Alternative Channel AXA Mandiri Henky Oktavianus di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Dia mengungkapkan, melonjaknya produksi telemarketing karena di tahun ini pihaknya menerapkan analisis data calon nasabah. Tahun sebelumnya, hal itu tidak dilakukan karena masih masuk siklus penggunaan data. Calon nasabah yang dianalisis AXA Mandiri ialah nasabah Bank Mandiri yang datanya di-recycle secara periodik.

Dijelaskan Henky, dari tiga jalur distribusi di kanal alternatif, telemarketing menyumbang pendapatan 95%, sisanya di jalur alternatif baru yakni digital dan bisnis korporat. Saat ini, AXA Mandiri masih memimpin pasar industri asuransi jiwa Indonesia di jalur telemarketing dengan pangsa pasar 23%. Selain telemarketing, kanal distribusi AXA Mandiri lainnya yakni bancassurance juga masih memimpin pasar. AXA Mandiri menguasai pasar bancassurance dengan pangsa pasar 18,6%.

Menurut dia, era digital ikut mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk pola transaksi keuangan. Kini, masyarakat banyak yang menggunakan transaksi keuangan mobile dan via internet di dunia maya. Hal itulah yang membuat prospek besar di jalur distribusi alternatif yang dia pimpin.

"Kanal distribusi in branch tidak akan naik terus karena behaviour nasabah berubah. Sekarang jualan ke nasabah-nasabah yang tidak lagi datang ke kantor-kantor cabang Bank Mandiri. Kita penetrasi ke nasabah-nasabah seperti ini," tuturnya.

Dia mengakui saat ini model bisnis asuransi yang tengah berkembang masih bancassurance. Namun, di masa mendatang, model bisnis asuransi akan beragam, baik itu bancassurance, keagenan, dan kemitraan nonbank.

Menurut dia, tidak bisa dimungkiri metode tatap muka masih mendominasi dunia asuransi dalam hal pemasaran dan penjualan. Oleh karena itu, porsi jualan bancassurance AXA Mandiri masih mendominasi daripada?telemarketing.

Lini distribusi bancassurance memberi kontribusi 80% dari pendapatan premi AXA Mandiri dan sisanya dipasok dari lini alternatif, baik itu telemarketing, digital, dan bisnis korporat. Lini alternatif seperti digital akan makin cerah.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: